Pelatihan Komunikasi Efektif Bagi Karyawan RSUD Panembahan Senopati Bantul

Rabu Pahing, 12 Juni 2013 20:25 WIB ∼ 1676

Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien, patient safety atau keselamatan pasien menjadi standar utama, kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam RS. Di rumah sakit perlu adanya koordinasi yang baik antar petugas. Mengantisipasi kesalah pahaman atau konflik dengan pasien, tenaga kesehatan di rumah sakit seperti perawat dan dokter harus bisa mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan pasien. Perlu di dorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di rumah sakit agar lebih pintar berkomunikasi. Mengingat begitu pentingnya komunikasi efektif untuk keselamatan pasien, maka di adakan pelatihan komunikasi efektif bagi karyawan karyawati rumah sakit RSUD Panembahan Senopati Bantul. Acara dilaksanakan hari Senin, Selasa dan Rabu, tanggal 10, 11 dan 12 Juni 2013 pukul 08.00 – 17.00 WIB di Rumah Budaya Tembi, Jl. Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Dengan materi proses dan prinsip dasar komunikasi efektif , teknik komunikasi efektif, kebijakan dan Pedoman Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Standar Prosedur Operasional (SPO) Promosi Kesehatan di rumah sakit dan PKRS yang efektif untuk individu dan kelompok oleh Dra. Ninda Nindiani, MA, Nurul Farida, SKM dan Heru Tresno Nugroho, APP., SPd., M.Kes. Dengan metode ceramah secara interaktif dan role play dalam kelompok, sehingga diharapkan para peserta dapat langsung mengaplikasikan ketrampilannya dalam melaksanakan kemampuan komunikasi efektif dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit.