Pelatihan Phlebotomi Instalasi Laboratorium RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2015

Senin Pahing, 31 Agustus 2015 02:24 WIB ∼ 1332

Instalasi Laboratorium Klinik mempunyai tugas pokok salah satunya menyelenggarakan pemeriksaan laboratorium yang berkualitas yaitu tepat dan teliti sehingga hasil pemeriksaan laboratorium dapat digunakan untuk tata laksana pasien. Dalam rangka meningkatkan keterampilan para perawat, bidan dan dokter dalam melakukan pengambilan sampel darah / phlebotomi, maka bagian pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan Pelatihan Phlebotomi.

Manfaat pelatihan tersebut diantaranya adalah terjaminnya hasil laboratorium yang tepat dan akurat, serta terjaminnya program patient safety. Pelatihan tersebut dilaksanakan dua hari yaitu pada hari Rabu 26 Agustus 2015 dan Kamis 27 Agustus 2015 bertempat di Aula B lantai dua RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Peserta adalah tenaga medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul yang berasal dari Unit Rawat Jalan, Rawat Inap, IGD, dan Pranata Lab Kes yang total berjumlah 70 peserta. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan 4 pembicara, yaitu : 1. dr. M. Noor Widayati, M.Kes, Sp.PK dari RSUD Panembahan Senopati ; 2. dr. Kusumastuti, MSc, Sp.PK dari RSUD Panembahan Senopati ; 3. Yanuar Amin, SST, SH dari Poltekes Kemenkes Yogyakarta ; 4. Suparmin, SST + Tim dari RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Materi yang diberikan adalah Aspek Legal Phlebotomi, Mutu Pemeriksaan Laboratorium, Tata Laksana K3 Laboratorium, dan Teknik Phlebotomi. Di sesi terakhir terdapat praktek phlebotomi yang dipandu secara langsung oleh Koordinator Laboratorium RSUD Panembahan Senopati Bantul, Suparmin, SST beserta Team. Acara berakhir dan ditutup dengan doa pada pukul 15.00 WIB. (Bawono)