Penyuluhan Kesehatan Jiwa Bagi ODS (Orang Dengan Skizofrenia)

Rabu Kliwon, 28 Oktober 2015 18:47 WIB ∼ 1652

Foto Berita

penyuluhan dari dr. Vista Nurasti Pradanita Sp. Kj, M.Kes (dokter psikiatri RSUD Panembahan Senopati)

            Dalam rangka memperingati hari kesehatan jiwa yang jatuh pada tanggal 10 Oktober, maka Unit PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) bekerjasama dengan Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul mengadakan acara penyuluhan kesehatan jiwa bagi ODS (Orang Dengan Skizofrenia) dengan tema “Meningkatkan Kepercayaan Diri ODS Menuju Pribadi Yang Mandiri”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2015 di Aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul.

            Penyuluhan kesehatan jiwa ini adalah penyuluhan kedua yang dilaksanakan oleh Unit PKRS setelah sukses melaksanakan penyuluhan jiwa pada tahun 2014 lalu di RSUD Panembahan Senopati. Berdasarkan penuturan dari ketua PKRS, Mujiyanto, S.Kep, M.H.Kes yang merupakan pemrakarsa kegiatan ini, tujuan diadakannya penyuluhan ini adalah untuk menjalin silaturahmi bagi sesama pasien ODS serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi ODS dan keluarganya dalam memberikan perawatan di rumah agar ODS menjadi percaya diri dan bisa mandiri. Tujuan ini disesuaikan dengan tema kesehatan jiwa sedunia tahun 2015 yaitu “Dignity Of Mental Health “ atau harga diri rendah.

            Dalam penyuluhan ini menghadirkan pembicara : (1) dr. Vista Nurasti Pradanita, Sp.Kj, M.Kes (dokter psikiatri RSUD Panembahan Senopati), (2) Mery Triana, S.Gz (ahli gizi RSUD Panembahan Senopati) dan (3) Rizki Ayu Nur Kumalasari, A.MG (perawat gigi RSUD Panembahan Senopati).

            Peserta yang mengikuti acara ini adalah pasien penderita skizofrenia yang menjadi pasien tetap di Poli Psikiatri RSUD Panembahan Senopati Bantul berjumlah 45 orang. Dengan ditemani oleh masing – masing satu anggota keluarga, jumlah total peserta menjadi 90 orang. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB. Sejak acara dimulai para peserta sudah sangat antusias mengikuti penyuluhan ini.  Materi yang diberikan adalah (1) Terapi dan kiat – kiat meningkatkan harga diri ODS, (2) Gizi yang sehat bagi ODS, dan (3) Perawatan gigi dan mulut yang benar bagi ODS.

            Dalam sesi pemberian materi, para peserta diajak aktif dalam diskusi. Disela – sela penyuluhan berlangsung selalu diselingi dengan pemberian doorprice menarik yang membuat para peserta penyuluhan menjadi semakin bersemangat.

            Setelah pemberian materi selesai, dilanjutkan dengan diskusi seputar paguyuban jiwa yang telah terbentuk yaitu Paguyuban Sehat Jiwa RSUD Panembahan Senopati Bantul. Dipimpin oleh ketua Paguyuban Sehat Jiwa Yazid Mustofa dan ketua PKRS Mujiyanto S.Kep, M.H.Kes, suasana diskusi menjadi santai hingga acara berakhir pada pukul 13.30 WIB. (Bawono)