Vaksinasi Hepatitis B dan Rectal Swab

Selasa Pahing, 24 November 2015 08:20 WIB ∼ 1972

Foto Berita

Petugas sedang melaksanakan vaksinasi hepatitis B

            Sebagai upaya menjaga kesehatan karyawan dan mencegah dari penularan penyakit khususnya hepatitis B, maka sub komite PPI bekerjasama dengan Bidang Mutu dan Keperawatan RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan vaksinasi hepatitis B dan rectal swab pada 60 orang karyawan RSUD Panembahan Senopati Bantul.

            Pemberian vaksinasi hepatitis B tersebut diprioritaskan  pada unit-unit di RSUD Panembahan Senopati Bantul yang berisiko tinggi terhadap penularan hepatitis B seperti IGD, ICU, Ruang Bersalin, Alamanda, HD, Laboratorium, CSSD, dan BDRS.

             Peserta vaksin hepatitis B adalah karyawan RSUD Panembahan Senopati yang meliputi dokter, dokter gigi, perawat, bidan, petugas laborat, petugas bank darah, dan juru masak. Sedangkan untuk rectal swab hanya dilakukan pada petugas juru masak pada instalasi gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul.

            Vaksinasi hepatitis B dan rectal swab ini dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 23 dan 24  November 2015 di RSUD Panembahan Senopati. Sebelum di berikan vaksinasi, para peserta di screening terlebih dahulu melalui uji darah di laboratorium. Jika hasilnya negatif maka baru dilakukan vaksinasi. Semua pembiayaan vaksin hepatitis B dan rectal swab tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Rumah Sakit (gratis bagi karyawan). (Bawono-red)