In House Training Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Sabtu Pahing, 19 Desember 2015 10:12 WIB ∼ 2818

Foto Berita

Suasana Kegiatan In House Training OCB

            Peningkatan kualitas kinerja dalam suatu organisasi mutlak diperlukan demi terwujudnya tujuan dari suatu organisasi tersebut. Tak terkecuali bagi organisasi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit.

            Organisasi pada umumnya percaya bahwa untuk mencapai keunggulan dan kualitas sempurna harus mengusahakan kinerja individual yang setinggi – tingginya, karena pada dasarnya kinerja individual mempengaruhi kinerja tim atau kelompok kerja dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja organisasi secara keseluruhan. Kinerja yang baik menuntut “perilaku sesuai” karyawan yang diharapkan organisasi (in-role). Namun perilaku yang menjadi tuntutan organisasi saat ini tidak hanya perilaku in-role saja, tetapi juga perilaku extra-role. Perilaku extra-role ini disebut juga dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB).

            Organizational Citizenship Behavior (OCB) adalah sebuah kerelaan mengerjakan tugas melebihi tugas pokoknya atau kerelaan mengerjakan tugas diluar tugas atau peran formal yang telah ditetapkan tanpa adanya permintaan dan reward secara formal dari organisasi. Perilaku OCB bertujuan untuk memberikan kinerja yang produktif, serta menghasilkan yang terbaik sampai pada tingkat hasil kepuasan konsumen.

            Sebagai upaya untuk mewujudkan perilaku OCB di RSUD Panembahan Senopati Bantul, Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul mengadakan  In House Training  Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang dilaksanakan pada hari kamis 17 desember 2015 di Hotel Ros In, Jln Lingkar Selatan No. 110 Yogyakarta pada pukul 07.30 WIB.

            Acara ini diikuti oleh 40 orang perawat RSUD Panembahan Senopati Bantul. Sebagai pemateri sekaligus instruktur adalah DR. Alimatus Sahrah M.S.I, M.M. dan Sucito, Bsn. Rn. dibantu oleh Panitia dan Tim Kreatif.  Acara dibagi menjadi 3 sesi yaitu pembukaan, pemberian materi, dan penutup. Materi yang diberikan antara lain adalah pemahaman prinsip perilaku OCB, nilai kepuasan pasien dan kualitas pelayanan keperawatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Dalam pemberian materi selalu diberikan game yang bisa memahamkan dengan lebih jelas tentang materi yang diberikan hingga acara berakhir dan ditutup pada pukul 16.00 WIB. Diharapkan melalui pelatihan ini OCB bisa diwujudkan dalam organisasi kerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul. (Bawono)