Pelaksanaan Simulasi Penanggulangan Bencana di RSUD Panembahan Senopati

Jumat Pahing, 4 Desember 2015 08:37 WIB ∼ 1884

Foto Berita

Situasi pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana di RSUD Panembahan Senopati

            Pagi hari itu, tanggal 3 Desember 2015 pukul 10.00 WIB telah terjadi kecelakaan Bus yang menabrak sebuah pohon di utara perempatan manding yang mengakibatkan jatuhnya 24 korban yang kemudian segera dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul. Beberapa ambulan berdatangan membawa orang – orang yang terluka parah dengan keadaan multiple trauma (luka / cidera di berbagai bagian tubuh).

            Saat itu keadaan sangat panik dan crowded dengan ruwetnya jalur keluar-masuk gerbang RSUD yang saat itu menjadi jalan masuk utama lantaran banyaknya ambulan pembawa korban yang datang secara bersamaan. Ditambah dengan banyaknya korban dengan status ringan, sedang, maupun berat yang mengakibatkan ketimpangan antara jumlah korban dengan petugas medis RSUD yang menangani. Para petugas medis RSUD kewalahan namun sesegera mungkin mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk mengatasi keadaan hiruk pikuk ini.

            Tapi tenang saja karena semua ini hanyalah skenario dalam simulasi penanggulangan bencana yang dilaksanakan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Simulasi ini dilaksanakan atas instruksi dari Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, dr. I Wayan Sudana, M. Kes dengan tujuan agar para petugas semakin siap menghadapi keadaan gawat darurat bencana serta mampu mamahami dan mempraktikkan tugas pokok, fungsi dan perannya masing – masing saat penanganan bencana terutama bila terjadi korban massal.

            Simulasi ini melibatkan 300 orang yang diberi peran serta tugas yang berbeda. Mereka adalah Tim HDP RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta, Beberapa petugas yang ditunjuk, serta beberapa pihak dari lintas sektoral atau SKPD yang terkait seperti Dinas Kesehatan (12 Puskesmas), BPBD Kabupaten Bantul, Polsek, Polres, PMI, dan RSU PKU Bantul.

            Diharapkan dengan dilaksanakannya Simulasi Penanggulangan Bencana ini RSUD Panembahan Senopati Bantul beserta seluruh pihak dari lintas sektoral atau SKPD yang terlibat semakin siap dalam menghadapi situasi jika benar – benar terjadi keadaan gawat darurat bencana. (Bawono)