Kunjungan Dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta Dalam Rangka Benchmark Data Indikator Mutu

Kamis Kliwon, 21 Januari 2016 12:46 WIB ∼ 1519

                Rabu, 20 Januari 2016, RSUD Panembahan Senopati Bantul menerima kunjungan dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam rangka benchmark data indikator mutu. Tujuan dari benchmark ini adalah membandingkan data indikator mutu kunci dari 2 rumah sakit yang sebelumnya sudah diketahui dengan pertukaran data indikator mutu dalam rangka peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

                RS PKU Muhammadiyah Surakarta melaksanakan benchmark dengan RSUD Panembahan Senopati Bantul karena dalam elemen penilaian PMKP 4.2 disebutkan bahwa data indikator mutu harus dianalisa dan dibandingkan dengan RS yang se-type dalam rangka membantu rumah sakit dalam memahami sumber daya dan sifat perubahan yang tidak dikehendaki serta membantu fokus pada upaya perbaikan.

                Pertemuan dilaksanakan di Aula B lantai 2 RSUD Panembahan Senopati Bantul pukul 10.00 WIB. Peserta yang hadir dalam benchmark ini adalah Ketua PMKP RS PKU Muhammadiyah Surakarta dr. Tri Wahayu beserta 3 orang pendamping. Pengarahan serta sambutan diberikan oleh Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang drg. Rr. Rini Setiyaningsih, MPH dan dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan rombongan dr. Tri Wahayu.

                Acara berikutnya adalah pemaparan data indikator mutu dan data PPI oleh dr. Yosephine Maria Christina, Sp. A dan dr. Magdalena Noor Widayati, M. Kes, Sp. PK yang dilanjutkan dengan diskusi. Acara berakhir dan ditutup dengan do’a pada pukul 13.00 WIB. (Bawono)