In House Training PPI Dasar Bagi Karyawan RSUD Panembahan Senopati

Senin Wage, 29 Februari 2016 10:12 WIB ∼ 6424

Foto Berita

Salah satu narasumber, Eko Widodo, S.Kep sedang memberikan materi PPI pada peserta pelatihan

            Pemahaman pengetahuan dan aplikasi PPI bagi seluruh karyawan rumah sakit menjadi suatu keharusan dalam rangka memberikan pelayanan yang bermutu (Patient Safety). Hal ini diperlukan salah satunya untuk mencegah kejadian HAIs (Healthcare Associated Infections) yaitu infeksi yang terjadi selama proses perawatan di rumah sakit atau di fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, saat masuk pasien tidak ada infeksi atau tidak dalam masa inkubasi, infeksi didapat di rumah sakit tapi muncul setelah pulang, juga infeksi pada petugas kesehatan yang terjadi karena pekerjaan. (Kem.Kes.RI 2007)

            Oleh karena itu penting untuk dilaksanakan In House Training PPI yang bertujuan untuk : (1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman PPI bagi karyawan, khususnya yang bekerja di Zona Resiko infeksi tingkat tinggi dan Zona Resiko sangat tinggi. (2) Meningkatkan upaya pencegahan penularan infeksi rumah sakit bagi pasien, keluarga, pengunjung dan petugas/karyawan rumah sakit. (3) Meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

            Sub Komite PPI bekerjasama dengan Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul mengadakan In House Training PPI Dasar kepada 100 orang karyawan rumah sakit yang terutama bekerja di : (1) Zona Resiko Tinggi : yaitu ruang perawatan penyakit infeksi, ruang penginderaan medis, ruang perawatan penyakit kronis, ruang tindakan, antara lain IGD, Instalasi Farmasi, Ruang perawatan penyakit infeksi, PPRI, Laboratorium klinik, patologi anatomi, kamar jenazah, laundry. (2) Zona Risiko Sangat Tinggi : yaitu ruang isolasi airborne dan MDR TB, ruang laboratorium infeksi, ruang ICU, kamar operasi, teratai : PICU, NICU, Poliklinik Paru. (3) ruang – ruang lain : seperti gizi, petugas ambulance, dll.

            In House training ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang I pada hari Selasa – Kamis, 16-18 Februari 2016 bertempat di Aula PD Bank Bantul dan Gelombang II pada hari Selasa – Kamis, 23 – 25 Februari 2016 bertempat di aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan waktu mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB setiap harinya       

            Pemberi materi dalam in house training PPI Dasar ini adalah dokter, perawat, dan petugas lain dari Sub Komite PPI RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan materi antara lain : (1) Konsep dasar dan program PPI, (2) Peran dan fungsi IPCN, IPCLN dan IPCD, (3) Mikrobiologi dasar dan pengambilan spesimen, (4) Dasar penyakit infeksi rumah sakit ( ILO, IADP, ISK, VAP/HAP, Plebitis, Dekubitus, dan penyakit infeksi lain). (5) Infection Control Risk Assesment (ICRA=ICRA penyakit dan bangunan), (6) Penggunaan antimikroba rasional, (7) konsep kewaspadaan isolasi : kewaspadaan standard an kewaspadaan transmisi, (8) penggunaan alat pelindung diri di fasyankes, (9) manajemen limbah RS dan fasyankes, (10) Pengendalian lingkungan rumah sakit, (11) konsep dasar surveilans infeksi rumah sakit, (12) audit PPI, (13) penatalaksanaan peralatan medis dan perawatan, (13) penatalaksanaan peralatan medis dan perawatan, (14) penatalaksanaan linen dan laundry rumah sakit, (15) PPI di ICU, (16) PPI di kamar operasi, (17) PPI di Hemodialisis, (18) PPI di Gizi, (19) PPI di penyakit TB dan HIV, (20) PPI penyakit TB dan HIV, (20) kesehatan karyawan dan profilaksis paska pajanan, (21) praktek lapangan.

            Dengan pelatihan ini diharapkan pengetahuan peserta tentang PPI akan bertambah dan mampu mengaplikasikan PPI dalam pekerjaan di rumah sakit terutama yang beresiko terhadap HAIs. (bawono)