Penyuluhan Kesehatan Lansia Di Kelurahan Banguntapan

Senin Pon, 23 Mei 2016 08:01 WIB ∼ 1767

Foto Berita

Salah satu narasumber, dr. Bagus Andi Pramono, Sp.JP. sedang memberikan penyuluhan

                RSUD Panembahan Senopati Bantul secara rutin melaksanakan penyuluhan kesehatan lansia setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Sedunia. Pada tahun 2016 ini RSUD Panembahan Senopati melaksanakan penyuluhan kesehatan lansia di kelurahan Banguntapan.

                Kali ini panitia penyelenggara adalah Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul yang diketuai oleh narasumber bekerjasama dengan Puskesmas Banguntapan 3.

                Acara dilaksanakan pada Hari Rabu 18 Mei 2016 di Aula Kelurahan Banguntapan Bantul dengan mengundang peserta yang terdiri dari Lansia di Kelurahan Banguntapan berjumlah 80 orang. Acara dimulai pukul 08.00 dan pemberi sambutan pertama adalah Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Panembahan Senopati Bantul Yulius Suharta S.Sos. M.Si., dan selanjutnya dibuka secara resmi oleh Sekertaris Kecamatan Banguntapan Juwahir, SE. MM.

                Dalam penyuluhan ini menghadirkan 4 Narasumber yaitu : dr. Bagus Andi Pramono, Sp.JP.           (dokter spesialis jantung RSUD Panembahan Senopati Bantul) yang memberikan materi tentang Penyakit Jantung Koroner, dr. Agus fitriyanto Ahmad, Sp. PD (dokter spesialis penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul) yang memberi materi tentang penyakit degeneratif, Pambudi SKM, MMR (Kasubbag Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantul) yang memberi materi tentang sistem jaminan pelayanan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, dan Sri Rejeki Arum Wahyuni, SKM. MM (Kepala Puskesmas Banguntapan 3) yang memberikan materi tentang PHBS.

                Acara berlangsung cukup baik. Para Lansia menyimak materi dengan cukup antusias. ditambah dengan materi tentang PJK ( Penyakit Jantung Koroner) yang jarang disampaikan pada penyuluhan – penyuluhan sebelumnya.

                Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan khususnya mengenai upaya – upaya preventif dalam menanggulangi penyakit – penyakit yang rawan di idap oleh lansia.