Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik dari Kementrian PAN dan RB

Kamis Legi, 8 September 2016 10:15 WIB ∼ 1670

Foto Berita

           Sebagai langkah peningkatan kualitas pelayanan publik serta upaya mendorong unit pelayanan publik untuk memberikan pelayanan yang prima, maka KemenPan dan RB melaksanakan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik tertentu di 59  kabupaten / kota di Indonesia.

          Tujuan dari evaluasi ini adalah terbentuknya role model pelayanan publik yang nantinya bisa dijadikan bench mark bagi instansi lain.

            Kabupaten Bantul termasuk kedalam Kabupaten / Kota yang dinilai. Dan dari Kabupaten Bantul sendiri ada empat Instansi yang di evaluasi yaitu PTSP ( Pelayanan Terpadu Satu Pintu ), RSUD Penembahan Senopati Bantul, Disdukcapil, dan Puskesmas.

            Evaluasi pada RSUD Panembahan Senopati Bantul dilaksanakan pada hari Rabu, 7 September 2016. Tim penilai beranggotakan 2 orang berasal dari Deputi  Bidang  Pelayanan  Publik KemenPan dan RB beserta 2 orang pendamping dari Pemda Kabupaten Bantul.

            Penilaian dilaksanakan melalui observasi dan pemeriksaan dokumen. Indikator evaluasi yang dinilai di RSUD Panembahan Senopati diantaranya adalah : (1) Standar Pelayanan; (2) Maklumat Pelayanan; (3) Survey Kepuasan Masyarakat; (4) Pengelolaan Pengaduan; (5) Sarana Prasarana; (6) Inovasi.

            Hasil dan rekomendasi terhadap pelaksanaan evaluasi akan dikirimkan kemudian oleh Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik dari Kementrian PAN dan RB.