PELATIHAN PERPUSTAKAAN BERBASIS SLiMS

Rabu Pon, 5 Oktober 2016 10:39 WIB ∼ 1099

                Dalam rangka mempermudah akses perpustakaan RSUD Panembahan Senopati Bantul dan meningkatkan kemampuan SDM terkait pengelolaan perpustakaan, maka RSUD Panembahan Senopati Bantul bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantul mengadakan pelatihan Perpustakaan Berbasis SLiMS (Senayan Library Management System).

                Slims adalah singkatan dari Senayan Library Management System yaitu perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan open source software yang dilisensikan di bawah GPL v3 yang pertama kali dikembangkan oleh Perpustakaan Kementrian Pendidikan Nasional, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementrian Pendidikan Nasional. Diantara keunggulan SLiMS adalah mampu memenuhi kebutuhan otomasi perpustakaan.

                Pelatihan SLiMS RSUD Panembahan Senopati Bantul dilaksanakan pada hari Rabu, 28 September 2016 bertempat di Aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul. Pelatihan yang dilaksanakan selama sehari ini diikuti oleh 40 karyawan karyawati RSUD Panembahan Senopati Bantul. Sebagai narasumber, menghadirkan dari Perpusda Bantul yaitu :

1. Dra. Dwi Ratna Suprihastuti, M.Kes, MACC. yang memberikan materi tentang Manajemen     Perpustakaan;

                2. Suratmi, SIP. yang memberikan materi mengenai Pengolahan Bahan Pustaka; dan

                3. Agus Sajarwa, SE. yang memberikan materi mengenai Pelestarian Bahan Pustaka.

                Selain itu menghadirkan pula dua pembicara yaitu Heri Purcahyanto dan Benny Styawan dari Bidang Penunjang RSUD Panembahan Senopati Bantul yang memberikan materi simulasi pengoperasian SLiMS.