Penyuluhan Diabetes Mellitus

Senin Pahing, 24 Oktober 2016 08:00 WIB ∼ 1921

Foto Berita

Menurut WHO (World Health Organization), diabetes merupakan suatu penyakit kronis yang terjadi apabila pankreas tidak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tidak efektif menggunakan hormon insulin yang sudah dihasilkan. Ketidakmampuan tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah atau yang dikenal dengan hiperglikemia.

Diabetes Mellitus jika tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan komplikasi diantaranya adalah luka yang sukar sembuh, impotensi, kebutaan, penyakit jantung, terganggunya fungsi ginjal, gangguan pada pembuluh darah otak, bahkan kematian.

Diabetes bisa ditangani dengan berbagai upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Upaya promotif dan preventif lebih efektif untuk mencegah terjadinya seseorang terkena diabetes maupun mencegah keparahan jika telah terkena penyakit diabetes.

Oleh karena itu dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November 2016 dan Hari Diabetes Sedunia tanggal 14 November 2016, maka RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan dengan tema “Bersahabat Dengan Diabetes Mellitus Untuk Tetap Hidup Berkualitas”.

Penyuluhan tersebut dilaksanakan pada Hari Rabu, 19 Oktober 2016 di Aula Bank PD Bank Bantul. Dengan dibuka secara resmi oleh Asisten Sekretaris III Sunarto, S.H., M.M. dan dihadiri oleh 200 peserta terdiri dari pasien diabetes mellitus dan keluarga.

Dalam penyuluhan tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Zidni Setyaningrum, Sp. PD yang memberikan materi tentang Penyakit Diabetes Mellitus dan resiko – resiko nya, narasumber kedua Witri Susila Astuti, S.Si, Apt memberikan materi tentang cara minum obat DM dan suntik insulin serta Diah Yuliantina Widiyati, S.SiT yang memberikan materi tentang Gizi bagi penderita diabetes mellitus.

Penyuluhan tersebut juga dirangkai dengan pemeriksaan gula darah dan konsultasi kesehatan gratis. Peserta juga mendapatkan banyak doorprice menarik.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan penyuluhan ini adalah agar para peserta bisa :

(1) Mengetahui dan memahami resiko – resiko penyakit diabetes. (2) Mendapatkan edukasi tentang nutrisi bagi penderita diabetes dan cara minum obat serta suntik insulin. (3) Mampu menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari penyuluhan kedalam kehidupan sehari – harinya untuk menjaga hidup tetap berkualitas. (4) Mengetahui kadar gula dalam darahnya. dan (5) Mendapatkan konsultasi kesehatan dari tenaga medis.

Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa bermanfaat.