Pelatihan Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien

Senin Wage, 5 Desember 2016 08:24 WIB ∼ 1813

Foto Berita

Peningkatan Mutu menurut Joint Commission International adalah pendekatan pendidikan (edukasi) berkelanjutan dan perbaikan proses – proses pemberian pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasien dan pihak – pihak yang berkepentingan lainnya. Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen resiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien, pelaporan dan analisisi insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.

Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) perlu ditetapkan, diterapkan dan di evaluasi secara periodik untuk membuktikan bahwa program tersebut efektif mencapai tujuan yang diharapkan.

Berdasarkan kerangka pikir inilah maka pada hari Sabtu, 3 Desember 2016 RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien terkait Penyusunan Indikator Mutu Rumah Sakit. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan karyawan rumah sakit dalam menerapkan berbagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien sesuai standar Internasional Akreditasi RS.

Pelatihan satu hari ini dilaksanakan di Ros Inn Hotel, Jln. Lingkar selatan Yogyakarta dengan diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari Komite PMKP, Jajaran direksi, Kepala instalasi, Kepala Unit, dan PIC Data Indikator Mutu Rumah Sakit.

Sebagai narasumber adalah dr. Hanevi Djasri, MARS. Beliau adalah konsultan dan peneliti di Pusat Kebijakan dan Manajemen FK UGM, Dosen Magister Manajemen RS di UGM, dan pengurus PERSI Pusat serta koordinator Indonesian Healthcare Quality Network.

Materi pelatihan berupa penetapan indikator mutu unit dan indikator mutu kunci rumah sakit 2017, pembuatan kamus indikator mutu kunci rumah sakit 2017, dan pembuatan PDCA serta Story Board.

Semoga melalui pelatihan ini peserta mampu memahami serta terampil khususnya dalam penyusunan indikator mutu sebagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.