In House Training Penerapan Keselamatan & Kesehatan Kerja RSUD Panembahan Senopati Bantul

Kamis Kliwon, 9 Februari 2017 12:02 WIB ∼ 557

Foto Berita

        Upaya keselamatan kerja di rumah sakit merupakan upaya meminimalisir terjadinya penyakit akibat kerja (PAK) dan kecelakaan akibat kerja (KAK) melalui kegiatan promotif, preventif, edukatif, penyelarasan antara beban kerja, kapasitas kerja dan lingkungan di rumah sakit sehingga setiap karyawan/karyawati mempunyai ketrampilan bekerja dengan selamat dan sehat tanpa membahayakan dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya.

         Hal ini diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1087 / MENKES / SK / V III / 2010  tentang standar penerapan K3 untuk rumah sakit yang di sebut K3RS.

Ketrampilan K3RS menjadi hal yang sangat penting dalam pengelolaan SDM sehingga mampu mewujudkan keselamatan kerja hingga Zerro Accident pada semua pihak.

       Demi terwujudnya kesehatan dan keselamatan kerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul, maka pada tanggal 7 & 8 Februari 2017 Bagian Pengembangan khususnya Sub.Bag.Diklat bekerja sama dengan Bidang Keperawatan Mutu RSUD Panembahan Senopati melaksanakan In House Training “PENERAPAN KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA” di Aula B RSUD Panembahan Senopati. Peserta berjumlah 40 orang karyawan-karyawati RSUD Panembahan Senopati.

        Sebagai narasumber dan instruktur lapangan dalam In House Training ini diantaranya adalah : (1) dr Tri Wijaya ; (2) Esthi Budhi Asih, S.Kep ; (3) Sugiyanto, S.Kom ; (4) Nurul Budi Santoso, S.Kep., Ners; (5) Hartanto, SKM; (6) Fitri Natalia Dara P., S.Kep ; (7) M. Budiawan, S.Sos dan pemateri dari BPBD.

        Materi yang diberikan dalam pelatihan selama dua hari full day dari pukul 07.30 sampai 17.00 WIB ini cukup lengkap diantaranya adalah : (1) Pengantar K3RS; (2) Penerapan Kesehatan Kerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul; (3) Penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul; (4) Basic Fire; (5) Penanganan dan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di rumah sakit; (6) Sistem pengemasan dan penyimpanan Limbah berbahaya dan beracun (B3); (7) Proses pengangkutan, penimbunan dan pembuangan akhir bahan berbahaya dan beracun (B3); (8) Strategi tanggap darurat limbah B3; dan (9) Praktek dan Simulasi Penanganan Kebakaran.

        Semoga In House Training ini mampu meningkatkan pengetahuan dan skill terkait K3RS dan upaya – upaya yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan keselamatan kerja di RSUD Panembahan Senopati.