Seminar Implementasi Komite Keperawatan

Ahad Pon, 19 Maret 2017 16:40 WIB ∼ 1092

Foto Berita

Untuk mewujudkan tata kelola klinis yang baik, berdasarkan PERMENKES  No 49 tahun 2013 tentang Komite Keperawatan, dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan Rumah Sakit harus dibentuk Komite Keperawatan yang akan melakukan tugas untuk mempertahankan dan meningkatkan profesinalisme dengan melakukan kredensial, peningkatan mutu keperawatan dan pembinaan etik keperawatan dan bertanggung jawab langsung dibawah Direktur.

            RSUD Panembahan Senopati telah memiliki Komite Keperawatan yang bertugas sesuai dengan ketugasannya tersebut. Untuk meningkatkan peran Komite Keperawatan RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan Seminar Implementasi Komite Keperawatan yang bertujuan agar perawat memahami tentang Komite Keperawatan dalam ketugasan dan program - programnya di RSUD Panembahan Senopati.

            Seminar tersebut dilaksanakan selama lima hari yaitu pada tanggal 7, 8, 9, 14, dan 15 Maret 2017 di Aula B RSUD Panembahan Senopati dengan diikuti oleh perawat dan bidan RSUD Panembahan Senopati berjumlah 300 orang yang dibagi kedalam lima gelombang.

            Narasumber dari kegiatan ini diambil dari internal RSUD Panembahan Senopati dari Bidang Keperawatan dan Mutu dan dari Komite Keperawatan antara lain :

  1. Rohayati Masyitoh, S.Kep, MM;
  2. Warsiyah, S. Kep., Ns., MPH;
  3. Sihono, S, Kep;
  4. Nurul Budi Santosa, S. Kep., Ners;
  5. Fivin Maria Ulfah, S. Kep., Ners.
  6. Joko Sarwono, S.Kep, Ners. (Moderator dalam diskusi panel)

            Sedangkan beberapa materi yang disampaikan pada seminar ini antara lain :

  1. Kebijakan perawat RSUD Panembahan Senopati Bantul;
  2. Komite Keperawatan;
  3. Nursing Staff By Law;
  4. Jenjang Karir dan kompetensi perawat;
  5. Kredensial dan Assesment Kompetensi.

            Semoga melalui seminar tersebut peserta mampu memahami bagaimana ketugasan dan program - program Komite Keperawatan di RSUD Panembahan Senopati sehingga mampu diimplementasikan guna menciptakan tata kelola klinis yang baik di RSUD Panembahan Senopati.