IN HOUSE TRAINING PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN INFEKSI

Senin Pahing, 22 Mei 2017 12:48 WIB ∼ 1332

           Program pencegahan dan pengendalian Infeksi (PPI) sangat penting untuk dilaksanakan dirumah sakit dan sarana kesehatan lain sebagai tempat pelayanan kesehatan, disamping sebagai tolok ukur mutu pelayanan juga untuk melindungi pasien, petugas rumah sakit, pengunjung dan keluarga pasien dari risiko tertular infeksi karena dirawat, bertugas atau berkunjung ke suatu rumah sakit atau sarana kesehatan lainnya. Selain itu rumah sakit dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, akuntabel dan transparan kepada masyarakat, khususnya bagi jaminan keselamatan. Oleh karena itu upaya PPI dirancang untuk memutus siklus penularan penyakit dan melindungi pasien, petugas kesehatan, pengunjung rumah sakit dan masyarakat sesuai ketentuan yang terdapat dalam SK Men.Kes RI No.207/MenKes/SK/III/2007 tentang Pedoman Manajerial PPI RS.

           Keberhasilan program pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit diperlukan kerjasama dan dukungan dari semua unsur yang ada di RSUD Panembahan Senopati Bantul, mulai  dari direktur, dokter,  perawat, bidan, petugas laboratorium, farmasi, gizi,  house keeping dan berbagai unsur lainnya. Terkait dengan hal itu diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang PPI bagi seluruh karyawan rumah sakit. 

            Oleh karena itu Sub Komite PPI RSUD Panembahan Senopati Bantul bekerjasama dengan Bagian Diklat RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan In House Training Pencegahan dan Pengendalian Infeksi yang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017 sampai 19 Mei 2017 dengan peserta berjumlah 120 orang dibagi menjadi 2 gelombang. Pelatihan ini bertempat di Aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan materi dan narasumber yaitu :

  1. Akreditasi dan Kebijakan PPI oleh Rohayati Masitoh, S.Kep.,MM ;
  2. Konsep Dasar dan Program PPI oleh dr. M. Noor Widiyati, M.Kes, Sp. PK ;
  3. Mikrobiologi Dasar dan Pengambilan Spesimen & Penggunaan Antimikroba Rasional oleh dr. Kusumastuti, M.Sc, Sp. PK ;
  4. Dasar Penyakit Infeksi Rumah Sakit (ILO, IADP, ISK, VAP/HAP, Plebitis, Dekubitus, dan penyakit infeksi lain) oleh dr. Zidni Setyaningrum, Sp.PD ;
  5. Konsep Kewaspadaan Isolasi : Kewaspadaan Standar & Kewaspadaan Transmisi oleh Mujiyanto, S.Kep, M.H.Kes ;
  6. Manajemen Limbah dan Pengendalian Lingkungan Rumah Sakit oleh Titin Ambarwati, AMKL ;
  7. Pengelolaan Alat Medis/Perawatan dan Linen Rumah Sakit oleh Eko Widodo, S.Kep, Ns ;
  8. Konsep dasar Surveilans infeksi rumah sakit oleh Dwi Astuti, S.Kep ;
  9. PPI di Ruang Khusus : ICU, HD, Kamar Operasi oleh Praptiwi, A.Md., Kep ;
  10. PPI di Gizi oleh Nisakwati QQ, S.SiT ;
  11. PPI Penyakit TB, HIV AIDS dan Hepatitis oleh dr. Warih Tjahjono, Sp. PD ;
  12. Kesehatan Karyawan dan Penanganan paska pajanan oleh dr. Tri Wijaya ;
  13. Audit PPI oleh Eko Widodo, S.Kep, Ns ; dan
  14. KLB Infeksi RS oleh Mujiyanto, S.Kep, M.H.Kes.

      Diharapkan In House Training ini mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman PPI bagi karyawan khususnya yang bekerjadizona resiko infeksi tingkat tinggi dan zona resiko sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan upaya pencegahan penularan infeksi rumah sakit bagi pasien, keluarga, pengunjung dan petugas/karyawan  di RSUD Panembahan Senopati Bantul.