Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di RSUD Panembahan Senopati Bantul

Jumat Kliwon, 14 Juli 2017 12:35 WIB ∼ 113

Foto Berita

Tim Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik dari KeMenPan dan RB berfoto bersama dengan Jajaran Direksi RSUD Panembahan Senopati. (Foto By : Anggit)

           Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mendefinisikan Pelayanan Publik yaitu sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

            RSUD Panembahan Senopati yang melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat wajib melaksanakan pelayanan publik sesuai peraturan perundang – undangan. RSUD Panembahan Senopati mempunyai berbagai media dan sarana dalam melaksanakan pelayanan publik misalnya melalui Website, Sosial Media baik Facebook maupun Instagram, media cetak seperti koran, media massa seperti TV maupun dan radio.

            Selain itu RSUD Panembahan Senopati senantiasa melaksanakan event yang melibatkan masyarakat turut memberikan masukan kepada RSUD Panembahan Senopati sepert melalui jaring aspirasi masyarakat, sosialisasi rumah sakit, dan lain – lain.

            Pelayanan publik yang telah dilaksanakan RSUD Panembahan Senopati selama ini di evaluasi setiap tahun oleh Tim Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Di tahun 2017 ini RSUD Panembahan Senopati bersama dengan beberapa OPD lain yang terpilih ikut di evaluasi kembali.

            Evaluasi di RSUD Panembahan Senopati berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh Tim Evaluasi yaitu pada hari Selasa, 11 Juli 2017 pukul 13.00 WIB. Anggota yang tergabung dalam Tim Evaluasi yaitu Damayanti Tyastianti selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi III, Aulia Ambarwati, dan didampingi oleh Bagian Organisasi Setda Bantul, Lies Ratriana, S.IP.,M.Si.

            Saat Tim Evaluasi datang ke RSUD Panembahan Senopati, langsung melaksanakan telusur lapangan untuk melihat pelaksanaan pelayanan publik di RSUD Panembahan Senopati. Selanjutnya menuju Aula B RSUD Panembahan Senopati untuk menyaksikan paparan Direktur RSUD Panembahan Senopati dr. Gandung Bambang Hermanto terkait profil rumah sakit dan upaya – upaya pelayanan publik yang selama ini telah dilaksanakan oleh RSUD Panembahan Senopati. Secara garis besar Tim Evaluasi memberikan apresiasi terhadap pelayanan publik RSUD Panembahan Senopati.