Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di RSUD Panembahan Senopati Bantul

Kamis Legi, 28 September 2017 09:22 WIB ∼ 610

Foto Berita

Pembukaan Pelatihan PPI. Dari kiri: dr. Gandung bambang Hermanto, dr. M. Noor Widayati, M.Kes,Sp.Pk., dan Andriyandono, SE,MM. (Foto By Anggit)

Guna mendukung keberhasilan Program PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) di RSUD Panembahan Senopati Bantul, maka pada 26-29/9/2017 Sub Bagian Diklat RSUD Panembahan Senopati Bantul bekerjasama dengan Sub Komite PPI RSUD Panembahan Senopati Bantul menyelenggarakan Pelatihan PPI Dasar bagi 90 karyawan-karyawati RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Program PPI dirancang untuk memutus siklus penularan penyakit dan melindungi pasien, petugas kesehatan, pengunjung rumah sakit dan masyarakat sesuai ketentuan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

“Program PPI di rumah sakit sangat penting untuk dilaksanakan dan dapat digunakan sebagai tolok ukur mutu pelayanan  rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” Terang Ketua Sub Komite PPI, dr. M. Noor Widayati, M.Kes,Sp.Pk.

Vernianti, SE, MM, Kepala Sub Bagian Diklat RSUD Panembahan Senopati Bantul menambahkan, “Keberhasilan program PPI di RSUD Panembahan Senopati Bantul memerlukan kerjasama dan dukungan dari semua unsur mulai dari direktur, dokter, perawat, bidan, petugas laboratorium, farmasi, gizi, house keeping dan berbagai unsur lainnya sehingga diperlukan pengetahuan dan kompetensi terkait PPI untuk semua unsur tersebut melalui pelatihan yang komprehensif.”

            Pelatihan PPI dasar memuat materi antara lain : 

  1. Konsep Dasar dan Program PPI;
  2. Mikrobiologi Dasar dan Pengambilan Spesimen;
  3. Dasar Penyakit Infeksi Rumah Sakit (ILO, IADP, ISK, VAP/HAP, Plebitis, Dekubitus, dan penyakit infeksi lain);
  4. Penggunaan Antimikroba Yang Rasional;
  5. Konsep Kewaspadaan Isolasi : Kewaspadaan Standar & Kewaspadaan Transmisi;
  6. Manajemen Limbah dan Pengendalian Lingkungan Rumah Sakit;
  7. Pengelolaan Alat Medis/Perawatan dan Linen Rumah Sakit;
  8. Konsep dasar Surveilans infeksi rumah sakit;
  9. PPI di Ruang Khusus :   ICU, HD, Kamar Operasi;
  10. PPI di Gizi;
  11. PPI Penyakit TB,  HIV AIDS dan Hepatitis;
  12. Kesehatan Karyawan dan Penanganan paska pajanan;
  13. Audit PPI;
  14. Akreditasi PPI; dan
  15. Tehnik Pemberian Antibiotik Yang Tepat.

Semoga pelatihan ini mampu memberikan wawasan terhadap semua peserta pelatihan sehingga mampu untuk ikut serta dalam mewujudkan program PPI di RSUD Panembahan Senopati Bantul.