In House Training Manajemen Nyeri

Kamis Pahing, 19 Oktober 2017 12:15 WIB ∼ 519

Foto Berita

dr. Intan Rahayu sedang menyampaikan materi In House Training Assessment Nyeri

            Selasa, 17 Oktober 2017, Bidang Keperawatan dan Mutu bekerjasama dengan Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan In House Training Manajemen Nyeri yang bertempat di Aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul lantai 2. Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri anggota Tim Pengelolaan Nyeri dan Kepala Tim Jaga di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

              Materi yang diberikan dalam In House Training ini antara lain pengertian nyeri, panduan, kebijakan, SPO manajemen nyeri, assesstmen nyeri pada dewasa, assesstmen nyeri pada anak dan neonates, serta assesstmen nyeri pada pasien tidak sadar / pasien dengan ventilator.

               Menurut ketua penyelenggara In House Training tersebut, Andriyandono, SE, MM, yang juga sebagai Kepala Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul, mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya In House Training Manajemen Nyeri tersebut agar semua dokter, perawat / bidan mampu melakukan screening nyeri sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan sebagai salah satu tahap pemeriksaan yang harus dilalui oleh semua pasien yang berobat ke RSUD Panembahan Senopati Bantul.

              drg. Siti Roikhana Munawaroh, MPH selaku Kepala Bidang Keperawatan dan Mutu menambahkan bahwa petugas yang kompeten, memahami konsep nyeri, dan mampu melaksanakan assesstmen nyeri berdasarkan instrumen yang sesuai dengan areanya, sangat diperlukan agar tata laksana manajemen nyeri dapat dilaksanakan dengan baik dan aman.