RSUD Panembahan Senopati dalam Angkringan TVRI

Senin Kliwon, 30 April 2018 09:37 WIB ∼ 287

Foto Berita

Minggu (29/04) pukul 17.00 WIB RSUD Panembahan Senopati Bantul menjadi bintang tamu dalam acara Angkringan di TVRI di Jl. Magelang Km 4,5 Sleman, Yogyakarta. Topik yang diangkat pada kesempatan kali ini adalah "Airborne Disease" dengan Narasumber dr. Atthobari, MPH selaku Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Bantul dan dr. Yuni Iswati, Sp.P selaku Dokter Spesialis Paru di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Air borne disease adalah penyakit menular yang tersebar ketika tetesan patogen dikeluarkan ke udara, misalnya karena batuk, bersin atau berbicara. Di antara berbagai modus penularan penyakit, udara merupakan salah satu rute penting dan sejumlah penyakit telah terbukti menular melalui udara.

 “Oleh karena itu penting bagi kita semua mengetahui tips – tips untuk mencegah penularan penyakit melalui udara misalnya dengan melakukan etika batuk seperti menggunakan masker, menutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan kain atau tisu, dan selalu menjaga higienitas  melalui CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dengan benar.” Kata dr. Yuni Iswati, Sp.P.