In House Training Pasien Terminal

Kamis Legi, 18 Oktober 2018 14:47 WIB ∼ 387

Foto Berita

Pasien tahap terminal adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami penyakit / sakit yang tidak mempunyai harapan untuk sembuh yang  diakibatkan kegagalan organ atau multiorgan sehingga sangat dekat proses kematian. Respon pasien tahap terminal sangat individual tergantung kondisi fisik, psikologis, sosial yang dialami, sehingga dampak yang ditimbulkan pada tiap individu juga berbeda. Hal ini mempengaruhi tingkat kebutuhan dasar yang ditunjukan oleh pasien terminal.

Tenaga kesehatan memerlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan perilaku dalam pelayanan kepada pasien terminal.

Oleh karena itu pada hari Selasa (16/10/2018) RSUD Panembahan Senopati Bantul menyelenggarakan In House Training Pelayanan Tahap Terminal. In House Training ini dilaksanakan di Aula B RSUD Panembahan Senopati Bantul diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari unsur Manajemen RS, Kelompok Staf Medis (KSM) Penyakit Dalam, KSM Anak, KSM Bedah, KSM Obsgyn.

Dalam In House Training ini materi yang dipaparkan adalah mengenai Pelayanan tahap terminal, Discharge Planning, Assesment Pasien Rawat Jalan, dan Resume Pasien Pulang. Diharapkan In House Training ini mampu meningkatkan pelayanan di RSUD Panembahan Senopati khususnya pelayanan pada pasien terminal.