In House Training Penanganan Kasus Penyakit Infeksi Emerging

Jumat Pon, 14 Desember 2018 09:50 WIB ∼ 196

Foto Berita

Rabu (12/12/2018), Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Bantul bekerjasama dengan Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul mengadakan In House Training Penanganan Kasus Penyakit Infeksi Emerging (PIE). Kegiatan ini bertempat di Raja Resto Meeting Room Yogyakarta dengan peserta berjumlah 57 orang karyawan RSUD Panembahan Senopati.

Sidiq Rohadi, SE, MM (Kepala Bagian Pengembangan) selaku penyelenggara mengatakan bahwa In House Training ini bertujuan untuk mereview pengetahuan dan penanganan Penyakit Infeksi Emerging, juga membantu rumah sakit dalam persiapan menjadi Rumah Sakit Pusat Rujukan PIE.

Narasumber dalam acara ini, dr. Muchtar Nasir, M. Epid memberikan penjelasan mengenai Penyakit Infeksi Emerging, yaitu penyakit yang muncul dan menyerang suatu populasi untuk pertama kalinya, atau telah ada sebelumnya namun meningkat dengan sangat cepat, baik dalam hal jumlah kasus baru didalam suatu populasi, atau penyebarannya ke daerah geografis yang baru.

PIE mendapat perhatian dan menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius. Oleh karena itu penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penatalaksanaan PIE.

Akhirnya, semoga kegiatan ini mampu mendorong terciptanya pelayanan rumah sakit yang bermutu dan berfokus pada keselamatan pasien.