Penguatan Surveilans di RSUD Panembahan Senopati

Selasa Pahing, 18 Desember 2018 08:20 WIB ∼ 206

Foto Berita

Foto bersama narasumber dan peserta penguatan surveilans. Foto by : Zaka

Pertemuan Penguatan Surveilans digelar di Aula B lantai II RSUD Panembahan Senopati Selasa (19/12). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung komitmen global WHO dalam penanggulangan penyakit yang dapat dicegah (PD3I) antara lain Eradikasi Polio, Eliminasi Campak, Rubela, dan Tetanus Neonatorum. Selain itu sebagai wujud pelaksanaan dari PerMenKes nomor 45 tahun 2014 pasal 14 tentang penyelenggaraan Surveilans Kesehatan.

Trisno Agung Wibowo, SKM, M.Kes (Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan DIY) yang menjadi narasumber sekaligus memimpin diskusi dalam acara ini mengatakan, "Acara ini kami selenggarakan, bekerjasama dengan rumah sakit sebagai salah satu unsur penyelenggara surveilans kesehatan. Bulan ini kami melaksanakan kegiatan ini bersama 3 (tiga) rumah sakit di DIY yaitu RS Bethesda, RSUD Panembahan Senopati, dan RS Jogja International Hospital.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang RSUD Panembahan Senopati drg. Rr. Rini Setiyaningsih, MPH dilanjutkan presentasi oleh narasumber dan diskusi hingga acara berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan tersebut mampu menjadi sarana penguatan surveilans sebagai upaya pengendalikan PD3I sehingga berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara nasional.