In House Training Kesiapsiagaan Petugas dalam Menghadapi "Red Code" di Lingkungan RS

Rabu Pahing, 13 Maret 2019 11:59 WIB ∼ 105

Foto Berita

Praktek pemadaman api menggunakan APAR oleh peserta In House Training

Api adalah salah satu sumber bahaya yang jika tidak dikendalikan, akan menimbulkan kejadian yang merugikan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Dalam upaya untuk mengendalikan salah satu sumber bahaya tersebut, adalah melalui peningkatan keterampilan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang secara komprehensif akan mewujudkan keamanan dengan target zero incident di lingkungan kerja. Dalam hal ini, Red Code diperlukan dalam penatalaksanaan bahaya akibat api yaitu kebakaran. Red code adalah kode yang mengumumkan adanya ancaman kebakaran di lingkungan rumah sakit (api maupun asap), sekaligus mengaktifkan tim siaga bencana rumah sakit untuk kasus kebakaran. Saat Red Code ini diaktifkan, maka petugas harus siap siaga dalam perannya masing - masing.

Atas dasar inilah pada hari Selasa (12/3/2019), Unit K3RS bersama Subbag Diklit RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan In House Training "KESIAPSIAGAAN PETUGAS DALAM MENGHADAPI “RED CODE” DI LINGKUNGAN RS" bertempat di Aula B RSUD Panembahan Senopati. Narasumber dalam In House Training ini adalah dr. Tri Widjaya (Ketua TIM K3 RS RSUD Panembahan Senopati Bantul), beserta anggota TIM K3 RS yang lain yaitu Nurul Budi, S.Kep, Ners,  M.Budiawan, S.Sos, dan Sugiyanto, S.Kom. dengan peserta berjumlah sekitar 55 karyawan-karyawati RSUD Panembahan Senopati.

Dalam In House Training ini, selain peserta mendapatkan materi, mereka juga mendapatkan praktek dalam pemadaman kebakaran. Diantara materi yang disampaikan adalah :

  1. Pengantar K3RS;
  2. Manajemen Sistem Proteksi Kebakaran;
  3. Teori penggunaan APAR dan Sistem Proteksi Kebakaran;
  4. Materi dan Simulasi RED CODE meliputi :
  • Membentuk Koordinator Penanggulangan Kebakaran di setiap Ruang Perawatan;
  • Mengurangi dan mengendalikan tingkat potensi bahaya kebakaran bila terjadikebakaran ditempat kerja;
  • Prosedur Evakuasi;
  • Tindakan pencegahan jika terjadi kebakaran;
  • Cara menjaga aset RSUD bila terjadi kebakaran;
  • Mencegah jatuhnya korban jiwa jika terjadi kebakaran.

Semoga In House Training ini mampu menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan para karyawan-karyawati RSUD Panembahan Senopati Bantul sehingga bisa diaplikasikan untuk mencegah dan menanggulangi kejadian - kejadian yang mengancam kesehatan dan keselamatan kerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul.