Diskusi Kanker di 89,1 BARA FM

Kamis Legi, 20 Februari 2020 14:03 WIB ∼ 98

Foto Berita

dr. Agus Fitriyanto Ahmad, Sp.PD-KHOM, FINASIM, dan Basuki Budi Raharjo, SSi sedang on air

Memperingati Hari Kanker Sedunia, Kamis (20/2) Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Panembahan Senopati mengadakan Penyuluhan Kesehatan Masyarakat melalui siaran Live On Air Bantul Radio 89.1 FM pukul 11.00 - 12.00 WIB. Penyuluhan kesehatan yang mengambil tema tentang “PENYAKIT KANKER, GEJALA, DIAGNOSA, dan TERAPI atau PENGOBATANNYA “ ini disampaikan oleh dua narasumber, dr. Agus Fitriyanto Ahmad, Sp.PD-KHOM, FINASIM, (dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi dan onkologi medik RSUDPS) dan Basuki Budi Raharjo, SSi (Fisikawan Medik RSUDPS).

Dalam diskusi yang membahas tentang penyakit kanker, dokter Agus menjelaskan detail proses perjalanan penyakit kanker, mulai dari gejala yang timbul, pemeriksaan yang disarankan untuk deteksi dini penyakit kanker, hingga terapi kanker baik dengan kemoterapi ataupun terapi radiasi (radioterapi).

Sedangkan Basuki menjelaskan, bahwa paparan zat kimia dan radiasi yang berlebihan, infeksi virus, faktor genetik, serta gaya hidup, merupakan penyebab dan faktor resiko timbulnya penyakit kanker.

"Radiasi tak ubah seperti pisau bermata dua. Dengan sinar radioaktif (rontgen), kita dapat mengetahui kelainan suatu penyakit (radiodiagnostik), bahkan bisa juga untuk menyembuhkan kanker (radioterapi). Akan tetapi apabila dosis radiasinya tidak terukur atau berlebihan, maka justru akan memicu timbulnya penyakit kanker." Imbuh Basuki.

Diskusi menjadi semakin menarik dengan interaksi dari para pendengar Bantul Radio melalui line telfon. Dokter Agus kemudian menjawab pertanyaan tentang cara pencegahan timbulnya penyakit kanker, sementara Basuki memaparkan terkait perlindungan radiasi bagi masyarakat dan petugas kesehatan yang bekerja di lingkungan radiasi.