PELAYANAN GIZI UNTUK PASIEN COVID DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Senin Legi, 25 Januari 2021 08:55 WIB ∼ 90

Coronovirus Disease (Covid-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemic dan di Indonesia juga telah menyatakan Covid-19 sebagai bencana non alam berupa wabah penyakit yang wajib dilakukan upaya penanggulanganannya sehingga tidak terjadi peningkatan kasus tersebut.

 Pelayanan gizi dan dietetik adalah proses pelayanan gizi yang dilakukan oleh tenaga gizi, terdiri dari pelayanan asuhan gizi dan dietetik serta asuhan penyelenggaraan makanan sebagai upaya memperbaiki keadaan gizi pasien yang secara khusus berdampak pada pencegahan, perlambatan atau pengelolaan penyakit dan atau kondisi kesehatan.

Dalam kaitan tersebut pelayanan Gizi dan Dietetik sebagai bagian integral dari pelayanan rumah sakit harus disiapkan sesuai dengan situasi dan kondisi darurat.

Pasien terinfeksi covid dengan kondisi kritis dan mengalami stress berat akan menerima intervensi gizi yang diawali dengan pengkajian termasuk menilai kesiapan fungsi saluran cerna, resiko aspirasi, kemudian memberikan dukungan gizi berupa makanan enteral sesuai kebutuhan dan kondisi klinis pasien. Beberapa poin yang harus diperhatikan dalam pelayanan gizi pada pasien covid 19 antara lain:

  1. Pemberian dukungan gizi pada pasien covid 19 dengan gejala ringan  lebih disukai diberikan secara oral agar dapat menjaga fungsi saluran cerna dan memelihara flora mikro ekologi saluran cerna.
  2. Pemberian dukungan gizi untuk pasien covid 19 dengan kondisi sakit berat, kritis dan memiliki masalah gastrointestinal salah satunya melalui NGT.
  3. Pemilihan formula dukungan  gizi enteral disesuaikan dengan kondisi/ diet pasien.
  4. Pemberian nutrisi enteral / parenteral diawali dengan dosis rendah lalu meningkat secara bertahap

klick me.