TAKE ACTION FOR BONE HEALTH “PERINGATAN HARI OSTEOPOROSIS”

Rabu Wage, 20 Oktober 2021 02:25 WIB ∼ 55

Hari Osteoprosis Sedunia atau World Osteoporosis Day (WOD) diperingati setiap tanggal 20 Oktober.  Di tahun 2021 ini Hari Osteoporosis Sedunia mengusung tema "Take Action for Bone Health". Menekankan aksi nyata untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis. 

Osteoporosis sampai saat ini masih menjadi masalah dalam kesehatan masyarakat di dunia terutama di negara berkembang. Osteoporosis adalah suatu penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh menurunnya kekuatan tulang, sehingga tulang mudah patah. Di Indonesia, osteoporosis dikenal dengan sebutan keropos tulang. 

Selama ini osteoporosis identik dengan orang tua, namun faktanya, pengeroposan tulang bisa menyerang siapa saja termasuk di usia muda. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit degeneratif. Penelitian terbaru dari International Osteoporosis Foundation (IOF) mengungkapkan bahwa 1 dari 4 perempuan di Indonesia dengan rentang usia 50-80 tahun memiliki risiko terkena osteoporosis. Dan juga risiko osteoporosis perempuan di Indonesia 4 kali lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Biasanya penyakit keropos tulang ini menjangkiti sebagian besar wanita paska menopause. Osteoporosis tidak menampakkan tanda-tanda fisik yang nyata hingga terjadi keropos atau keretakan pada usia senja. Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah osteoporosis : 

  • Lakukan diet seimbang, kaya akan kandungan kalsium yang merupakan salah satu zat pembentuk tulang. Makanan  kaya kalsium diantaranya adalah teri, brokoli, tempe dan tahu.
  • Beraktivitas dan latihan fisik secara rutin dan teratur selama 30 menit, minimal 3 kali per minggu.
  • Cukup paparan sinar matahari (vitamin D) pada pagi hari sebelum jam 09.00 WIB, sore hari sesudah jam 16.00 WIB
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol, serta kafein berlebihan.
  • Konsumsi susu dan kacang-kacangan.

Sumber : Kemenkes RI, 2021 : http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/yuk-simak-pencegahan-osteoporosis-bagian-kedua

*Untuk mendapatkan update informasi terkini dari RSUD Panembahan Senopati Bantul, silahkan bisa follow akun Sosial Media RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan meng-klik :

Youtube : RSUD PANEMBAHAN SENOPATI KABUPATEN BANTUL 

Instagram : rsudps_bantul

Facebook : Rsud Panembahan Senopati Bantul