6 Cara Mencegah Kekambuhan Sakit Asma

Kamis Pon, 23 Desember 2021 12:36 WIB ∼ 51

Foto Berita

Kategori : Edukasi

Penyakit asma bisa menyerang siapa saja, terutama bagi seseorang yang memang mempunyai faktor resiko seperti genetik dan lingkungan. Berdasarkan P2PTM Promkes Kemenkes RI, asma adalah suatu kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas (hiperaktifitas bronkus) sehingga menyebabkan gejala episodik berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari. Asma bisa ringan atau bisa juga berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagi anda atau keluarga yang menderita asma, selain berobat ke dokter, berikut ini ada beberapa tips praktis yang bisa anda coba untuk mencegah dan mengatasi saat asma kambuh :

  1. Berhenti merokok.

Merokok dapat mengiritasi saluran napas dan menimbulkan peradangan yang mencetuskan gejala asma. Jadi, keputusan berhenti merokok akan membantu mencegah diri sendiri dan orang lain pengidap asma agar tidak mengalami kekambuhan.

2. Olahraga yang cukup dan terukur. Punya asma bukan berarti tidak boleh berolahraga. Dengan persiapan yang baik, penderita asma bisa berolahraga tanpa perlu khawatir. Contoh olahraga yang tepat bagi penderita asma adalah berenang, jalan kaki, bersepeda santai, yoga, dan pilates.

3. Menjaga pola makan. Masalah asam lambung menyebabkan asma kambuh. Oleh karena itu terapkan pola makan teratur yang menyertakan gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan pastikan ada sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral dalam jumlah seimbang setiap harinya. Cegah pola makan yang buruk, seperti telat makan atau terlalu sering konsumsi junkfood.

4. Kelola stres. Hati-hati stress bisa memicu kekambuhan serangan asma. Kelola stres dengan baik melalui berbagai cara seperti belajar mengatasi masalah dan mengelolanya dengan baik, relaksasi, menjalankan hobi, meditasi, atau jika anda memang mengalami kesulitan mengelola stres apalagi hingga berlanjut ke arah depresi atau gangguan lainnya, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi ahlinya seperti dokter atau psikolog.

5. Jaga pola tidur Kurang tidur dapat membuat Anda lebih mudah sakit, dan mudah mengalami stres. Dan kembali lagi, stres nantinya akan berujung pada kekambuhan asma. Jaga pola dan kualitas tidur dengan mencukupkan waktu tidur selama kurang lebih 7-8 jam setiap hari, kurangi menonton gadget anda saat menjelang tidur, hindari begadang, dan sebisa mungkin rileks agar kualitas tidur baik.

6. Hidup bersih Selain pola hidup sehat, sertakan juga pola hidup bersih. Rajin bersih-bersih di lingkungan sekitar anda bisa menghilangkan berbagai alergen penyebab kekambuhan asma.

Itu tadi 6 hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kambuhnya asma. Jika disimpulkan, maka PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) lah yang membantu mencegah kambuhnya asma. Bahkan bukan hanya asma saja, namun penyakit penyakit lainnya baik yang menular ataupun penyakit degeneratif.

Jadi, yuk mulai terapkan PHBS sehari hari ! :-D

Sumber : P2PTM.kemkes dan hellosehat.com