Tips Mempersiapkan Diri Sebagai Ibu

Rabu Pahing, 22 Desember 2021 06:47 WIB ∼ 54

Kategori : Edukasi PKRS

By : Basuki Budi Raharjo

 

Dibutuhkan persiapan yang matang baik fisik maupun mental sebelum menjadi seorang ibu. Terlebih lagi, bagi yang baru pertama kali merasakan pengalaman sebagai ibu. Aktivitas harian akan semakin padat ditambah dengan mengurus rumah tangga dan anak. Tidak sedikit perempuan yang kemudian merasa tertekan karena perubahan status dari seorang istri, sekarang sekaligus sebagai seorang ibu.

Mengutip dari theasianparent.com, berikut tips - tips untuk mempersiapkan diri sebagai seorang ibu :

1. Mendapatkan dukungan dari orang terdekat.

Poin paling utama adalah mencari dukungan atau support system sebelum dan setelah melahirkan. Support system bisa berasal dari suami, keluarga, teman, maupun komunitas. Dengan adanya dukungan, seorang ibu memiliki tempat bertukar cerita dan mencurahkan isi hati selama menjalani suka duka sebagai ibu nantinya. Bila sewaktu-waktu perlu bantuan pun tidak lagi bingung. Bantuan dari orang terdekat akan memperkuat mental perempuan seiring waktu. Sehingga, tak ada lagi alasan mengeluh karena punya kekuatan menjalani hari demi hari.

2. Memperluas wawasan.

Cara mengurus bayi serta kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sebaiknya seorang ibu mencari tahu terlebih dahulu sebelum bayi lahir. Sekilas, mungkin terkesan mudah, tetapi praktiknya menjadi seorang ibu tentu tidak semudah yang dibayangkan.

3. Komunikasikan dengan pasangan.

Untuk memperkuat mental, sering-seringlah berkomunikasi dengan suami. Diskusikan rencana saat mengurus bayi setelah melahirkan nanti, termasuk jika ingin berbagi tugas. Kelangsungan hubungan rumah tangga bukanlah tanggung jawab satu orang saja, melainkan harus bersama. Sehingga, tugas mengurus bayi pun bukan mutlak tanggung jawab ibu saja. Suami juga ikut andil agar istri tidak stres.

4. Belajar meredam ego.

Sejak menjadi ibu pertama kali, akan banyak perubahan terjadi. Nilai, perspektif, keinginan dan kebiasaan diri haruslah disesuaikan, bahkan tak jarang, seorang ibu harus belajar meredam ego. Jika dulu mudah untuk meluangkan waktu menonton film favorit, mungkin setelah punya anak waktunya akan terbatas. Namun, tidak ada salahnya juga harus memikirkan kebutuhan diri sendiri agar kesehatan mental tetap terjaga, dengan menyampaikan pada suami jika merasa lelah dan butuh istirahat.

Itulah tadi tips - tips mempersiapkan diri menjadi seorang ibu. Selamat mencoba dan selamat menjadi ibu. (bas-red)

sumber : theasianparent.com