Indeks Kepuasan Masyarakat

 

Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Panembahan Senopati
Semester 1 Tahun 2016

    IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung Reformasi Birokrasi dalam pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Hasil yang diharapkan dalam kegiatan survey IKM adalah angka/skor capaian IKM unit pelayanan pada unit pelayanan publik yang merepresentasikan kinerja unit/instalasi.
    Survei IKM semester 1 tahun 2016 dengan periode Januari – Juni di RSUD Panembahan Senopati Bantul mendapat hasil sebagai berikut :

 

    

Keterangan : Jumlah responden yang dipakai untuk sampel adalah 478 responden yang terdiri  dari 160 orang (33.5 %) responden rawat inap  dan 318  orang (66.5 %)  responden rawat jalan.

 

Keterangan :  Responden laki – laki berjumlah 184 orang (38,5 %), responden perempuan 294 orang (61,5 %).

 

Keterangan :  Responden S2 berjumlah 7 orang (1,5 %), S1 63 orang (13,2%), Diploma 39 orang (8,2 %), SLTA 255 orang (53,3 %), SLTP 68 orang (14,2%), SD 46 orang (9,6%).

 

Keterangan : Responden dengan pekerjaan PNS berjumlah 47 orang (9,8 %), Swasta 75 orang (15,7 %), Wiraswasta 110 orang (23%), Pelajar/Mahasiswa 33 orang (6,9 %), Lainnya 213 orang (44,6 %).

 

Keterangan :   

A :  Prosedur pelayanan
B :  Persyaratan pelayanan
C :  Kejelasan petugas pelayanan
D :  Kedisiplinan petugas pelayanan 
E :  Tanggung jawab petugas pelayanan
F :  Kemampuan petugas pelayanan
G :  ‚ÄčKecepatan pelayanan
H :  Keadilan mendapatkan pelayanan
I :  ‚ÄčKesopanan dan keramahan petugas
J :  Kewajaran biaya pelayanan
K :  Kepastian biaya pelayanan
L :  Kepastian jadwal pelayanan 
M :  Kenyamanan lingkungan
N :  Keamanan pelayanan

 

Kesimpulan : 

Capaian hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat semester I tahun 2016 adalah 3,10 atau 77,52% ( kategori baik ), yang terdiri dari :
     a. Instalasi Rawat Jalan 77,51%.
     b. Instalasi Rawat Inap  79 %.

Unsur dengan nilai tertinggi adalah tanggung jawab petugas pelayanan dengan nilai 3,23 atau 80,8% sedangkan nilai terendah adalah prosedur pelayanan dengan nilai 3,03 atau 75,1 %.

 

Capaian Unsur Pelayanan Indeks Kepuasan Masyarakat

Tahun 2016 Sem 2 – Tahun 2017 sem 1

 

Unsur Pelayanan

Tahun 2016

Semester 2

Tahun 2017

Semester 1

U1

Prosedur pelayanan

78,9

91,8

U2

Persyaratan pelayanan

79,9

88,1

U3

Kejelasan petugas pelayanan

81,3

98,4

U4

Kedisiplinan petugas pelayanan

80,1

97,7

U5

Tanggung jawab petugas pelayanan

82,4

89,6

U6

Kemampuan petugas pelayanan

82,7

98,9

U7

Kecepatan pelayanan

77,2

93,6

U8

Keadilan mendapatkan pelayanan

79,9

97,5

U9

Kesopanan dan keramahan petugas

83,1

98,9

U10

Kewajaran biaya pelayanan

81,1

98,8

U11

Kepastian biaya pelayanan

83,3

97,3

U12

Kepastian jadwal pelayanan

79,5

92,4

U13

Kenyamanan lingkungan

79,4

97,6

U14

Keamanan pelayanan

81,7

98,9

Capaian  Kumulatif

80.27

95.09