STANDAR PELAYANAN

 

  1. Standar Pelayanan Poliklinik / Rawat Jalan

No

Komponen

Uraian

  1.  

 

Dasar Hukum

 

  1. Undang - Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
  2. Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  3. Keputusan Meneteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.05/III/413/12, tentang Penetapan RSUD Panembahan Senopati Bantul sebagai RS tipe B Pendidikan
  4.  Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 19 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul.
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang/ Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  6. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang/ Tarif  Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

2.

Persyaratan Pelayanan

       Pasien membawa identitas diri :

  1. Pasien baru menunjukkan KTP
  2. Pasien  lama menunjukkan Kartu berobat

   Pasien dengan asuransi/jaminan kesehatan syarat administrasi selain menunjukkan kartu berobat juga syarat syarat  sebagai berkut :

  1. Peserta Askes sosial
  1. Kartu ASKES Asli
  2. Surat Rujukandari Puskesmas atau Surat Kontrol untuk pasien kunjungan pertama setelah rawat inap
  3. SJP dari PT Askes
  1. Peserta Jamkesmas :
  1. Kartu Jamkesmas dan FC Kartu Jamkesmas
  2. FC KK
  3. FC KTP
  4. FC Rujukan Puskesmas atau Surat Kontrol untuk pasien kunjungan pertama setelah rawat inap
  5. SJP/SKP dari PT Askes

No

Komponen

Uraian

 

 

  1. Peserta Jamsostek
  1. Kartu Jasstek dan Foto copy Kartu Jamsostek
  2. Surat Rujukan dari PPK1
  1. Peserta Jamkesos
  1. Kartu Jamkesos dan FC Kartu Jamkesos
  2. FC KK
  3. FC KTP
  4. FC Rujukan Puskesmas
  1. Peserta Jamkesda
  1. Kartu Jamkesda  dan FC Kartu Jamkesda
  2. FC KK
  3. FC KTP
  4. FC Rujukan Puskesmas
  5. SJP Jamkesda

(Mintakan ACC Jamkesda ke BKK&DINKES setiap periksa)

  1. Asuransi kesehatan lain : syarat administrasi sesuai ketentuan asuransi tersebut.

3.

  1. Sistem, Mekanisme, Dan Prosedur
  1. Pasien datang, mengambil nomor antrian Pendaftaran
  2. Pasien mendaftarkan diri sesuai dengan poliklinik yang dituju
  3. Pasien mengurus&melengkapi Jaminan (Bila memiliki)
  4. Menyerahkan Jaminan beserta nomor urutan pendaftaran pada perawat poliklinik yang dituju.
  5. Pasien menunggu panggilan sesuai nomor urutan
  6. Pasien mendapatkan pelayanan konsultasi dokter & tindakan Medis
  7. Bila Pasien diperlukan data pemeriksaan penunjang pasien diberikan pengantar sesuai dengan instruksi dokter(Radiologi/laboratorium), dan apabila pemeriksaan Penunjang telah selesai dan mendapatkan hasil,  pasien  diberitahukan untuk kembali ke dokter pemeriksa.
  8. Bila  Pasien  diperlukan konsultasi ke unit yang lain, maka pasien diantar perawat ke unit yang dituju sesuai instruksi dokter.
  9. Apabila selesai pemeriksaan dan Tindakan Medis, pasien diberikan pengantar resep dan jaminan/ceklist Ralan ke Apotik (Bila ada resep

 

 

dokter), selanjutkan ke kasir. Apabila tanpa resep, pasien diberikan jaminan/ceklist untuk dibawa ke kasir.

10. Pasien  Pulang

4.

Jangka Waktu Penyelesaian

Sesuai kasus pasien

 

5.

Biaya / Tarif

Mengacu pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  2. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

6.

Produk Pelayanan

  1. Pelayanan PoliklinikUmum
  • Pelayanan Medical Check Up
  1. Pelayanan Poliklinik Gigi
  • Tindakan Medis Dasar Umum
  • Tindakan Medis Dasar Khusus
  • Tindakan Medik Spesialistik
  • Orthodentia
  • Bedah Mulut
  • Bedah Mulut  Kecil
  • Bedah Mulut Sedang
  • Bedah Mulut Besar
  • Bedah Mulut Khusus
  1. Pelayanan  Poliklinik Spesialis Pagi
    • Pelayanan  Poliklinik Bedah
    • Pelayanan Poliklinik Dalam
    • Pelayanan Poliklinik Kebidanan & Penyakit Kandungan
    • Pelayanan Poliklinik THT
    • Pelayanan Poliklinik Jiwa
    • Pelayanan Poliklinik Mata
    • Pelayanan Poliklinik Syaraf
    • Pelayanan Poliklinik Orthopedi
    • Pelayanan Poliklinik Anak & Tumbang
    • Pelayanan Poliklinik Kulit & Kecantikan
    • Pelayanan Poliklinik Cana
    • Pelayanan Poliklinik Sub Spesialis/Konsultan
    • Pelayanan Poliklinik Onkologi

No

Komponen

Uraian

 

 

  1. PoliklinikSpesialis Sore
  • Pelayanan Poliklinik Bedah
  • Pelayanan Poliklinik Dalam
  • Pelayanan Poliklinik Anak
  • Pelayanan Poliklinik Obsgyn
  • Pelayanan Poliklinik THT
  • Pelayanan Poliklinik Jiwa
  1. Konsultasi Psikologi
  2. KonsultasiGizi
  3. Konsultasi Berhenti merokok

Pelayanan Poliklinik Persiapan Rawat Inap

7.

Sarana, Prasarana, Dan/Atau Fasilitas

  1. RuangPeriksa
  2. RuangTindakan
  3. Mejakerja
  4. Meja computer
  5. Kursikerja
  6. Kursitunggupasien
  7. Komputer,CPU,Monitor
  8. AC Ruang
  9. Alat USG
  10. TV USG
  11. Obsgyn Set
  12. Linex
  13. Bed Gynecologi
  14. Stavolt/Stabilator
  15. TimbanganBayiManual&Elektrik
  16. TermometerManual&Elektrik
  17. Freser
  18. Corrier
  19. Kompresor
  20. PembacaRongten
  21. Sterilisator
  22. Gigi Set
  23. Timbangandewasa
  24. Tensi Meter
  25. Stetoskop
  26. Bedah Set
  27. Manometer
  28. Tabung O2
  29. AlatNebilaizer
  30. Alat EKG

 

 

  1. AlatSpironometer
  2. Senter/lampuperiksa
  3. AlatLatek Facial
  4. Kulit Set
  5. Magniver Lamp
  6. Laser
  7. THT Set
  8. Otoskop
  9. Head Lamp
  10. Audiometri
  11. Alatpengukur TB
  12. Mata Set
  13. Tonometri
  14. LampuPeriksa
  15. Proyektor
  16. Auto Refraktometer
  17. KursiRoda
  18. Brankard
  19. ATK
  20. RekamMedispasien
  21. Alatmedishabispakai
  22. Komputerdengan SIM RS
  23. Instalasilistrik
  24. Instalasi Air

Ctt : alat alattersebutdigunakan menyesuaikan kebutuhanmasing masing polilinik

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Dokter Spesialis
  2. Dokter gigi
  3. Dokter gigi spesialis
  4. Dokter umum
  5. Perawat
  6. Perawat gigi
  7. Bidan
  8. Administrasi
  9. Asisten perawat
  10. Cleaning srvice

Ctt )* dokter  spesialis juga bertugas di unit lain

9.

Pengawasan Internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan oleh SPI

 

 

10

Penanganan Pengaduan, Saran, Dan Masukan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

  1. SMS Center Bupati di nomor  081328848000

        Data SMS Center Bupati dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban sebagai balasan ke SMS Center Bupati

  1. Email : rsudps@bantulkab.go.id

Email yang masuk, dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban

  1. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan

Ditelaah oleh Bagian Pengembangan kemudian dikoordinasikan oleh Bidang atau Bagian yang terkait sesuai dengan jenis komplain

  1. Telephone di nomor (0274) 367381/367386

Dari Bagian Informasi diteruskan ke Bagian Pengembangan/ Direksi untuk mendapatkan tanggapan

  1. SMS Center Direktur, nomor 081328866866

Diterima oleh Direksi untuk mendapatkan tanggapan. Keseluruhan data SMS Center Direktur didokumentasikan oleh Bagian Pengembangan bekerjasama dengan programer SIM RS 

  1. Aduan langsung

Yang berhubungan dengan tekhnis ditangani langsung oleh Bagian/ Bidang/ Unit.

Apabila mengalami kesulitan, difasilitasi oleh Bagian Pengembangan

  • Tanggapan paling lambat 2 X 24 jam
  • Semua langkah penyelesaian keluhan/ komplain didokumentasikan oleh Bidang/ Bagian yang menangani keluhan tersebut.
  • Semua dokument penyelesaian keluhan diarsipkan di Bagian Pengembangan

11

Jumlah Pelaksana

  1. Dokter Spesialis : 21 orang
  2. Dokter gigi :2 orang
  3. Dokter gigi spesialis :2 orang

 

 

  1. Dokter umum :1 orang
  2. Perawat : 22 orang
  3. Perawat gigi :5 orang
  4. Bidan :4 orang
  5. Administrasi : 2 orang
  6. Asisten perawat : 2 orang

`Ctt )* dokterspesialis juga bertugas di unit lain

12

Jaminan Pelayanan

  1. Adanya SPM
  2. Adanya SPO
  3. Sarana prasarana pendukung
  4. Kepastian persyaratan
  5. Kepastian biaya
  6. SDM Yang Kompeten Di Bidangnya

13

Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan

Deklarasi Keselamatan Pasien

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui :
  1. Survai Indek KepuasanMasyarakat
  2. Survai Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal
  4. Evaluasi penerapan Standar Asuhan Keperawatan
  1. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan.

 

 

15

 

 

Waktu Pelayanan

 

 

  1. Poliklinik pagi Setiap  hari kerja,
  2. Poliklinik Spesialis Sore
  • Pelayanan Poliklinik Bedah (Senin, Selasa , Kamis Jumat)
  • Pelayanan Poliklinik Dalam (Senin s/d Sabtu)
  • Pelayanan Poliklinik Anak (senin s/d jumat)
  • Pelayanan Poliklinik Obsgyn (senin s/d  jumat)
  • Pelayanan Poliklinik THT (Senin s/d Jumat)
  • Pelayanan Poliklinik Jiwa (Senin dan Kamis)
  1. Poliklinik Onkologi (Rabu dan Sabtu)

 

2. Standar Pelayanan Hemodialisa

No.

Komponen

Uraian

  1.  

Dasar Hukum

 

  1. Undang - Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan
  2. Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.05/III/413/12, tentang Penetapan RSUD Panembahan Senopati Bantul Sebagai RS Tipe B Pendidikan
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 19 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul
  6. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul
  1.  

Persyaratan Pelayanan

Pasien indikasi medis HD, dengan syarat administrasi :

  1. Pasien Umum/tanpa asuransi kesehatan
  • Identitasdiri
  • No. pendaftaran
  1. ASKES (askes sosial)

Mengurus Jaminan Askes, dengan Syarat administrasi :

  • Rujukan dari Puskesmas
  • Surat Permohonan HD.
  • Surat Bukti Pelayanan HD/ Jadwal HD rutin
  • Kartu Askes
  • Surat travelling bila pasien pindahan dari RS lain
  • Surat Keterangan luar paket dari dokter bila pasien baru pertama kali melakukan tindakan HD sesuai prosedur askes.
  1. Jamkesmas
  • Syarat Administrasi:
  • Fc. Rujukan dari Puskesmas

 

 

  • Fc.KTP
  • Fc. KK
  • Fc. Kartu  Jamkesmas
  • Surat Jaminan  dari Jamkesmas/askes
  1. Jamkesos

Syarat Administrasi:

  • Fc kartu jamkesos
  • Fc. Rujukan dari Puskesmas
  • Fc.KTP
  • Fc. KK
  • Fc. Surat Keterangan Miskin Dari Kelurahan
  • Fc. Surat Jaminan dari Bapel Jamkesos
  • Fc. Jadwal HD
  1. Jamkesda

Syarat Administrasi:

  • Fc. Rujukan dari Puskesmas
  • Fc.KTP dilegilisir
  • Fc. KK dilegalisir
  • Fc. Surat Keterangan Miskin Dari Kelurahan dilegalisir
  • Fc. Surat Keterangan dari BKKN
  • Fc. Jadwal  HD
  • Fc surat jaminan dari jamkesda
  1. Jamsostek

Syarat Administrasi:

  • Fc. Rujukan dari PPK Jamsostek
  • Fc.KTP
  • Fc. KK
  • Kartu Jamsostek
  • Jadwal HD

Asuransi kesehatan lain : syarat administrasi sesuai ketentuan asuransi tersebut.

  1.  
  1. istem, Mekanisme, Dan Prosedur
  1. Rawat Jalan
  1. Pasien datang di ruang hemodialisa menulis di buku daftar hadir.
  2. Pasien menunggu panggilan untuk dilakukan tindakan HD sesuai nomor urutan hadir.
  3. Keluarga pasien menuju tempat pendaftaran untuk mendaftarkan pasien kepoli Hemodialisa.
  4. Keluarga pasien mengurus jaminan dengan syarat-

 

 

syarat sesuai ketentuan masing-masing penjamin

  1. Setelah selesai pelayanan,  Clinical Phatways/ Resume beserta Surat jaminan dari Askes atau syarat lain dari jaminan tertentu diserahkan ke kasir
  2. Pasien boleh pulang
  1. Pasien Rawat Inap :
  1. Ada instruksi dari dokter untuk dilakukan tindakan haemodialisa
  2. Perawat bangsal mendaftar ke ruang HD via telp/datang langsung ke ruang HD
  3. Perawat HD menjadwalkan kapan tindkan HD dilaksanakan
  4. Perawat bangsal mengantar pasien ke ruang HD
  5. Perawat HD melakukan tindakan sesuai instruksi dokter
  6. Perawat HD memasukkan entry tindakan k SIM RS
  7. Penyelesaian administrasi tindakan HD include dengan bangsal

Setelah tindakan HD selesai perawat bangsal mengambil pasien dari ruang HD kembali ke bangsal

  1.  

Jangka Waktu Penyelesaian

4 – 5 jam

 

  1.  
  •  

Mengacu pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  2. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul
  1.  

Produk Pelayanan

  1. HD dengan Dialiser Baru/ tanpa Reuse
  2. HD dengan Dialiser Reuse
  3. HD CITO dengan Dialiser Baru/ tanpa Reuse
  4. HD CITO dengan Dialiser Reuse
  5. HD Metode SLEED dengan Dialiser Baru/ tanpa Reuse
  6. HD Metode SLEED dengan Dialiser  Reuse
  7. Injeksi Zat Besi Melalui Infus/ Intra Vena

 

  1.  

Sarana, Prasarana, Dan/Atau Fasilitas

  1. Ruang tindakan HD
  2. Ruang tunggu
  3. Ruang reuse
  4. Water treatman
  5. Mesin HD
  6. HD set
  7. Instrumen sakses vaskuler
  8. Ekg
  9. Suction
  10. Sterilisator
  11. ATK
  12. Rekam Medis pasien
  13. Alat medis habis pakai
  14. Komputer dengan SIM RS
  15. Instalasi listrik
  16. Instalasi Air
  1.  

Kompetensi Pelaksana

  1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam sebagai penanggung jawab pasien
  2. Perawat dengan sertifikasi HD
  3. Administrasi
  4. Cleaning service
  1.  

Pengawasan Internal

1.      Dilakukan oleh atasan langsung

2.      Dilakukan oleh SPI

  1.  

Penanganan Pengaduan, Saran, Dan Masukan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

  1. SMS Center Bupati di nomor  081328848000

Data SMS Center Bupati dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban sebagai balasan ke SMS Center Bupati

  1. Email : rsudps@bantulkab.go.id

Email yang masuk, dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban

  1. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan

Ditelaah oleh Bagian Pengembangan kemudian dikoordinasikan oleh Bidang atau Bagian yang

  •  
  •  

Uraian

 

 

terkait sesuai dengan jenis komplain

  1. Telephone di nomor (0274) 367381/367386

Dari Bagian Informasi diteruskan ke Bagian Pengembangan/ Direksi untuk mendapatkan tanggapan

  1. SMS Center Direktur, nomor 081328866866

Diterima oleh Direksi untuk mendapatkan tanggapan. Keseluruhan data SMS Center Direktur didokumentasikan oleh Bagian Pengembangan bekerjasama dengan programer SIM RS 

  1. Aduan langsung

Yang berhubungan dengan tekhnis ditangani langsung oleh Bagian/ Bidang/ Unit

Apabila mengalami kesulitan, difasilitasi oleh Bagian Pengembangan

  • Tanggapan paling lambat 2 X 24 jam
  • Semua langkah penyelesaian keluhan/ komplain didokumentasikan oleh Bidang/ Bagian yang menangani keluhan tersebut.

Semua dokument penyelesaian keluhan diarsipkan di Bagian Pengembangan

  1.  

Jumlah Pelaksana

  1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam : 4*
  2. Perawat: 9
  3. Administrasi: 1
  4. Cleaning service : 1

Ctt * Dokter Spesialis Penyakit Dalam juga bertugas di unit lain

  1.  

Jaminan Pelayanan

  1. AdanyaKebijakan Direktur
  2. Adanya SPO
  3. KepastianPersyaratan
  4. KepastianBiaya
  5. SDM yang kompeten di bidangnya
  1.  

Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Pelayanan

 

Deklarasi KeselamatanPasien

 

  1.  

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui :
  1. Survai Indek Kepuasan Masyarakat
  2. Survai Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal
  1. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung
  •  
  •  
  •  

 

 

terkait kinerja dan kedisiplinan

  1.  

Waktu Pelayanan

Setiap hari pagi dan sore kecuali emergency

 

3. Standar Pelayanan Rawat Inap

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

 

  1. Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan
  2. Undang-Undang Nomor 44 tentang Rumah Sakit
  3. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 142/Menkes/SK/I/2007 tentang Peningkatan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 19 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomer 17 Tahun 2007 tentang Pembentukan Lembaga Tehnis Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul
  5. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul
  6. Peraturan daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah
  7. Keputusan Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul Nomor 41/I/Tahun 2013 tentang Pemberlakuan Tarif Layanan Kesehatan pada RSUD Panembahan Senopati Bantul

 

2.

Persyaratan Pelayanan

Pasien Umum

  • pasien atau keluarga menandatngani  surat pernyataan mondok yang menyatakan sebagai pasien Umum

Pasien ASKES SOSIAL :

  • Menandatangani  SPM
  • Surat Rujukan Dari PPK I/Keterangan Gawat Darurat Dari IGD
  • Fotocopy ASKES
  • Mengurus Jaminan Ke Loket ASKES
  • Surat Jaminan Diserahkan Diruang Rawat

No

Komponen

Uraian

 

 

Pasien JAMKESMAS/JAMPERSAL

  • Menandatangani SPM
  • Surat Rujukan Dari Puskesmas
  • Fotocopy JAMKESMAS
  • Fotocopy CI
  • Fotocopy Identitas Diri
  • Fotocopy Surat Nikah ( Untuk Pasien Bayi Baru Lahir)
  • Surat Keterangan Dirawat Dari Bangsal
  • Surat Kelahiran  (Untuk BBL)
  • Fotocopy Buku KIA Untuk Ibu Melahirkan Dan BBL
  • Meminta Surat Jaminan  Pelayanan  Di Loket  ASKES
  • Jaminan Diserahkan Ke Bangsal Rawat Inap

Pasien JAMKESSOS

  • Menandatangani SPM
  • Surat rujukan dari Puskesmas
  • Fotocopy JAMKESSOS
  • Fotocopy CI
  • Fotocopy identitas diri
  • Surat Keterangan Dirawat dari bangsal
  • Surat Kelahiran  (untuk BBL)
  • Fotocopy surat nikah ( untuk pasien bayi baru lahir)
  • Meminta surat jaminan  awal pelayanan  di KANTOR JAMKESSOS saat pasien baru masuk.
  • Meminta surat jaminan  akhir pelayanan  di KANTOR JAMKESSOS saat pasien akan pulang.
  • Jaminan diserahkan ke bangsal rawat inap

JAMKESDA (khusus warga Bantul)

  • Menandatangani SPM
  • Surat rujukan dari Puskesmas
  • Fotocopy CI
  • Fotocopy identitas diri
  • Surat Keterangan Dirawat dari bangsal
  • Surat keterangan tidak mampu dari BKK Bantul.
  • Meminta surat jaminan  awal pelayanan  di KANTOR JAMKESDA saat pasien baru masuk.
  • Meminta surat jaminan  akhir pelayanan  di KANTOR JAMKESDA saat pasien akan pulang.
  • Jaminan diserahkan ke bangsal rawat inap

NO

Komponen

Uraian

 

 

Pasien JAMSOSTEK/ MPS

  • Menandatangani SPM
  • Surat rujukan dari PPK I
  • Fotocopy KARTU KEPESERTAAN
  • Fotocopy identitas diri
  • Surat Keterangan Dirawat dari bangsal
  • Surat Kelahiran  (untuk BBL)
  • Meminta surat jaminan  awal pelayanan  di KANTOR  PENJAMIN  saat pasien baru masuk.
  • Meminta surat jaminan  akhir pelayanan  di KANTOR PENJAMIN saat pasien akan pulang.

Jaminan diserahkan ke bangsal rawat inap

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

PROSEDUR PELAYANAN RAWAT INAP

  1. Pasien dinyatakan rawat inap oleh dokter (IGD/RawatJalan ) dan keluarga sudah menyetujui, maka perawat mencari info tempat mondok melalui admisi
  2. Petugas admisi menginformasikan bangsal perawatan bahwa akan ada pasien mondok, yang perlu diinformasikan adalah jenis kelamin, umur, diagnose
  3. Apabila tidak tersedia  tempat tidur dirujuk ke RS lain dengan difaslitasi oleh petugas RS
  4. Apabila tersedia tempat maka perawat Poliklinik mengantar pasien ke PPRI untuk menjalani persiapan( dilakukan tindakan sesuai dengan advis dokter yang tertulis dalam rekammedis ) dan dilakukan pemeriksaan penunjang. Pasien yang berasal dari IGD, dilakukan prosedur tindakan sesuai dengan kondisi kegawatannya termasuk pemeriksaan penunjang ( radiologi, laboratorium ) apabila diperlukan.
  5. Perawat melaporkan data-data pasien keadmisi untuk kemudian dibuatkan rekammedis mondok.
  6. Perawat melakukan entri tindakan, diagnosis /ICD X, dan mutasi kebangsal.
  7. Petugas melakukan cek kelengkapan dokumen dengan menggunakan ceklist
  8. Petugas memberitahu bangsal yang dimaksud bahwa pasien siap diantar ke bangsal
  9. Perawat mengantar pasien dan melakukan serah terima dengan bangsal perawat dengan     ceklist.

 

No

Komponen

Uraian

 

 

  1. Perawat di bangsal melakukan prosedur penerimaan pasien baru( mengecek ulang kondisi pasien dan orientasi pasien baru)
  2. Perawat melakukan tindakan keperawatan dan menyiapkan tindakan medis jika diperlukan,
  3. Keluarga pasien mengurus jaminan asuransi sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki.
  4. Dokter melakukan tindakan medis sesuai dengan kondisi pasien dan dilaksanakan sesuai dengan SPO yang ada.
  5. Perawat melaksanakan asuhan keperawatan/ kebidanan kepada pasien sesuai dengan kondisi pasien
  6. Jika pasien sudah dinyatakan boleh pulang atau pasien pulang atas permintaan sendiri , petugas administrasi bangsal melakukan proses  rekap billing dan menyerahkan ke kasir beserta syarat jaminan yang dimiliki.
  7. Keluarga melakukan pembayaran kekasir dan akan mendapatkan bukti pembayaran dari kasir.
  8. Keluarga menyerahkan bukti pembayaran kebangsal tempat perawatan.
  9. Petugas memberikan edukasi tentang rencana perawatan lanjutan di rumah, obat yang harus diminum dan surat Kontrol kepada pasien dan keluarga.
  10. Petugas mengantar pasien sampai pintu keluar rawat inap.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Mulai pasien dinyatakan mondok sampai pasien dinyatakan pulang tergantung kondisi pasien masing-masing

5.

Biaya/tarif

Mengacu pada :

  1. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomer 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati  Kabupaten Bantul

 

 

No

Komponen

Uraian

6.

Produk pelayanan

  1. Akomodasi
  2. Visite/Konsultasi
  3. Tindakan Medis/Keperawatan/Kolaburasi
  4. Asuhan Keperawatan
  5. Pelayanan Penunjang

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1. Fasilitas Kamar Perawatan

a. Kelas III

  • Tempat tidur
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (1 buah)
  • Satu  kamar minimal 3  TT
  • Kamar mandi bersama
  • Alat tenun

b. Kelas II:

  • Tempat tidur
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (1 buah)
  • Satu  kamar  2 TT
  • Kamar mandi  dalam
  •  Alat tenun
  1. Kelas I :
  • Tempat tidur
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (1 buah)
  • Satu  kamar maksimal  2 TT
  • Kamar mandi  dalam
  • Alat tenun
  • Ruangan ber-AC
  • Jemuran  handuk
  1. Kelas Utama :
  • Tempat tidur pasien
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (1 buah)
  • Sofa penunggu
  • Satu  kamar 1 TT
  • Kamar mandi  dalam
  • Alat tenun
  • Ruangan ber-AC
  • Jemuran  handuk
  • Call nurse (aiphone)
  • Televisi

No

Komponen

Uraian

 

 

Rawat inap  VIP

  • Tempat tidur pasien
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (1 buah)
  • Sofa penunggu
  • Satu  kamar 1 TT
  • Kamar mandi  dalam
  • Alat tenun
  • Ruangan ber-AC
  • Jemuran  handuk
  • Kulkas
  • Callnurse (aiphone)
  • Waterheater
  • Televisi

Rawat inap V VIP (  Wijaya kusuma, mawar II)

  • Tempat tidur pasien
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (2 buah)
  • Sofa penunggu
  • Satu  kamar 1 TT
  • Kamar mandi  dalam
  • Alat tenun
  • Ruangan ber-AC
  • Jemuran  handuk
  • Kulkas
  • Callnurse (aiphone)
  • Waterheater
  • Ruang tamu
  • Televisi

Rawat inap V VIP /Edelweis     

  • Tempat tidur pasien
  • Meja pasien
  • Kursi tunggu  (2 buah)
  • Sofa penunggu
  • Satu  kamar 1 TT
  • Kamar mandi  dalam
  • Alat tenun
  • Ruangan ber-AC
  • Jemuran  handuk

 

 

NO

Komponen

Uraian

 

 

  • Kulkas
  • Callnurse (aiphone)
  • Waterheater
  • Ruang tamu
  • Dapur
  • Televisi

 

 

  1. Alat-alat medis dan keperawatan sesuai standar
  2. Bangunan lengkap denganjaringan air dan jaringan listril
  3. Komputer dan jaringan SIM RS
  4. ATK dan peralatan kantor
  5. Alat Medis Habis Pakai ( AMHP )
  6. Mebelair

8.

Kompetensi Pelaksana

a.

  1. Dokter Spesialis
  2. Kepala Seksi
  3. Kepala Ruang Rawat
  4. Perawat Penanggung Jawab Pasien
  5. Perawat Pelaksana
  6. Bidan
  7. Asisten Perawat
  8. Administrasi
  9. Cleaning  Servis

9.

Pengawasan internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan oleh Tim SPI

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Prosedur :

Pasien/Keluarga dapat melakukan pengaduan secara lisan ( melalui Kepala Ruang Rawat ).

Tertulis :

  • dengan surat pada kotak saran yang telah disediakan di ruang rawat
  • Mengisi lembar Customer Satisfaction Indek (CSI) pada saat pasien pulang dari perawatan
  • Survai Indek Kepuasan Masyarakat
  • SMS Center melalui 081328866866
  • Email RSUD Panembahan Senopati Bantul rsudps@bantulkab.go.id

 

 

No

Komponen

Uraian

 

 

Penanganan :

  • Menganalisa masalah
  • Melakukan konfirmasi kepada pihak pengadu tentang permasalahan
  • Melakukan diskusi dengan pihak terkait untuk memecahkan masalah
  • Menyelesaikan pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang ada.

11.

Jumlah pelaksana

  • Dokter Spesialis 27 orang (dokter spesialis juga bertugas di Unit lain)
  • Perawat 189 orang
  • Bidan 12 orang
  • Asisten Perawat 19 orang
  • Administrasi 11 orang

12.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaminan pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

  1. Adanya Kebijakan
  2. Adanya Panduan
  3. Adanya SPO
  4. Kepastian Persyaratan
  5. Kepastian Biaya
  6. SDM yang kompeten di bidangnya
  7. Standar Pelayanan Medis
  8. Sarana Prasarana yang mendukung

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

  1. Tata tertib  jam kunjung/besuk
  2. Kode etik profesi
  3. Deklarasi Keselamatan Pasien
  4. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui :
  1. Survai Indek Kepuasan Masyarakat
  2. Survai Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal
  4. Evaluasi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan
  1. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

 

15.

 

Waktu Pelayanan

 

 

Setiap hari 24 jam

 

 

 

 

 

 

 

4.Standar Pelayanan Radiologi

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan
  2. Undang-Undang  Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  3. Keputusan Menteri Kesehatan  Republik Indonesia  Nomor : HK.03.05/III/413/12, tentang Penetapan RSUD Panembahan Senopati bantul sebagai RS Tipe B Pendidikan
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 19 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Tahnis Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  6. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

2.

Persyaratan Pelayanan

Ada surat pengantar / rujukan untuk dilakukannya pemeriksaan radiologi diagnostik beserta kelengkapan administrasi sesuai dengan jaminan layanan yang digunakan

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pemeriksaan Radiologi  tanpa kontras

  1. Pasien melakukan registrasi administrasi radiologi sesuai dengan permintaan layanan radiologi yang diminta oleh dokter pengirim di bagian pendaftaran radiologi.  
  2. Dilaksanakan pemeriksaan radiologi sesuai dengan permintaan pemeriksaan radiologi yang diminta oleh dokter pengirim di ruang pemeriksaan tanpa kontras oleh radiographer.
  3.  Radiograf  diekspertisi oleh dokter Spesialis Radiologi, selanjutnya diberikan kembali kepada dokter pengirim.

Pemeriksaan Radiologi  tanpa kontras

  1. Pasien melakukan registrasi administrasi radiologi sesuai dengan permintaan layanan radiologi dengan

 

 

 

 

 

kontras yang diminta oleh dokter pengirim di bagian pendaftaran radiologi.

  1.  Dilaksanakan pemeriksaan radiologi sesuai dengan permintaan pemeriksaan radiologi yang diminta oleh dokter pengirim di ruang pemeriksaan dengan kontras oleh radiographer bersama dokter spesialis radiologi. 

Radiograf diekspertisi oleh dokter Spesialis Radiologi, selanjutnya diberikan kembali kepada dokter pengirim.

4.

Jangka waktu penyelesaian

<  3 jam

 

5.

Biaya/tarif

Mengacu pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor  16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  2. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

6.

Produk pelayanan

  1. Pemeriksaan Thorax,
  2. Abdomen,
  3. Extremitas Atas,
  4. Extremitas Bawah,
  5. Kepala,
  6. Vertebrae,
  7. Pemeriksaan Gigi Geligi,
  8. Cephalometri
  9. Pemeriksaan Apendikogram,
  10. Oesophagografi
  11. BNO-IVP,
  12. Colon Inloop,
  13. Cystografi,
  14. Uretrografi,
  15. HSG,
  16. OMD,
  17. Fistulografi,
  18. Lopografi.
  19. USG Abdomen
  20. USG Gynecologis
  21. USG Thyroid,
  22. USG Mammae,
  23. USG Kepala.

 

 

 

 

 

No

Komponen

  •  

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

Pesawat x-ray konventional  Siemens Ergophos 4, Siemens Multimobile 2,5 dan Villa serta Orthopantomografi Ortho Slice 500 C

 

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Dokter Spesialis Radiologi
  2. Radiografer (D4),
  3. Radiografer ( D3)
  4. Administrasi

9.

Pengawasan internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan oleh SPI

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

  1. SMS Center Bupati di nomor  081328848000

Data SMS Center Bupati dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban sebagai balasan ke SMS Center Bupati

  1. Email : rsudps@bantulkab.go.id

Email yang masuk, dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban

  1. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan

Ditelaah oleh Bagian Pengembangan kemudian dikoordinasikan oleh Bidang atau Bagian yang terkait sesuai dengan jenis komplain

  1. Telephone di nomor (0274) 367381/367386

Dari Bagian Informasi diteruskan ke Bagian Pengembangan/ Direksi untuk mendapatkan tanggapan

  1. SMS Center Direktur, nomor 081328866866

Diterima oleh Direksi untuk mendapatkan tanggapan. Keseluruhan data SMS Center Direktur didokumentasikan oleh Bagian Pengembangan bekerjasama dengan programer SIM RS 

  1. Aduan langsung

Yang berhubungan dengan tekhnis ditangani langsung oleh Bagian/ Bidang/ Unit

 

No

Komponen

Uraian

 

 

  1. Apabila mengalami kesulitan, difasilitasi oleh Bagian Pengembangan
  • Tanggapan paling lambat 2 X 24 jam
  • Semua langkah penyelesaian keluhan/ komplain didokumentasikan oleh Bidang/ Bagian yang menangani keluhan tersebut.

Semua dokument penyelesaian keluhan diarsipkan di Bagian Pengembangan

11.

Jumlah pelaksana

1.    Dokter Spesialis Radiologi : 2 orang

2.    Radiografer (D4) : 3 0rang ,

3.    Radiografer ( D3) : 7 orang ,

4.    Administrasi : 2 orang ,

12.

Jaminan pelayanan

  1. Adanya Kebijakan
  2. Adanya SPO
  3. Kepastian Persyaratan
  4. Kepastian Biaya
  5. SDM yang Kompeten di bidangnya
  6. Tersedianya sarana prasarana pendukung

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

 

Deklarasi Keselamatan Pasien

 

 

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui :
  1. Survai Indek Kepuasan Masyarakat
  2. Survai Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal
  1. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

15.

Waktu  pelayanan

Setiap hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Standar Pelayanan Laboratorium

 

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang - Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan
  2. Undang-Undang  Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  3. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 142 / MenKes / SK / I / 2007 tentang Peningkatan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Milik Pemerintah Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta;
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 19 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  6. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Semua pasien yang akan memeriksakan kesehatan di RSUD Panembahan Senopati harus mendaftarakan diri di tempat pendaftaran pasien.
  2. Pasien membawa surat pengantar permintaan dokter atau tanpa pengantar dari dokter

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

  1. Pasien dengan surat permintaan laborat
  2. Pendaftaran Laborat
  3. Pengambilan Sampel
  4. Pemeriksaan
  5. Pembuatan Hasil
  6. Penyampain Hasil.
  7. Unit Terkait : Rekam Medis, IRJ, IGD, IRI

4.

Jangka waktu penyelesaian

  1. Pemeriksaan Lab  Patologi Klinik : 90 menit
  2. Pemeriksaan Lab  Patologi  Anatomi : 5 hari
  3. Pemeriksaan Lab  Penyakit Infeksi : 5 hari
  4. Pemeriksaan Lab  Immunoserologi : 120 menit

5.

Biaya/tarif

Mengacu pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16

No

Komponen

Uraian

 

 

  1. tahun 2012 tentang Tarif  Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;

Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

6.

Produk pelayanan

  1. Pemeriksaan Lab  Patologi Klinik
  2. Pemeriksaan Lab  Patologi  Anatomi
  3. Pemeriksaan Lab  Penyakit Infeksi
  4. Pemeriksaan Lab  Immunoserologi

 

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

 

  1. Ruangan : R. Penerimaan, R. Pemeriksaan,
  2. R. Administrasi pengelolaan hasil
  3. Sumber Listrik
  4. Sumber Air
  5. Peralatan : Peralatan Kantor
  6. Perlatan Medis

8.

Kompetensi Pelaksana

  1. Dokter Spesialis Patologi Klinik
  2. Dokter Spesialis Patologi Anatomi
  3. Analis Kesehatan
  4. Administrasi
  5. Cleaning Servis

9.

Pengawasan internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan oleh  SPI

 

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

  1. SMS Center Bupati di nomor  081328848000

Data SMS Center Bupati dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban sebagai balasan ke SMS Center Bupati

  1. Email : rsudps@bantulkab.go.id

Email yang masuk, dikelola oleh Bagian Pengembangan sebagai bahan koordinasi kepada Bidang/ Bagian untuk dikaji bersama agar mendapat jawaban

 

NO

Komponen

Uraian

 

 

  1. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan

Ditelaah oleh Bagian Pengembangan kemudian dikoordinasikan oleh Bidang atau Bagian yang terkait sesuai dengan jenis komplain

  1. Telephone di Nomor (0274) 367381/367386

Dari Bagian Informasi diteruskan ke Bagian Pengembangan/ Direksi untuk mendapatkan tanggapan

  1. SMS Center Direktur, Nomor 081328866866

Diterima oleh Direksi untuk mendapatkan tanggapan. Keseluruhan data SMS Center Direktur didokumentasikan oleh Bagian Pengembangan bekerjasama dengan programer SIM RS 

  1. Aduan langsung

Yang berhubungan dengan teknis ditangani langsung oleh Bagian/ Bidang/ Unit

Apabila mengalami kesulitan, difasilitasi oleh Bagian Pengembangan

  • Tanggapan paling lambat 2 X 24 jam
  • Semua langkah penyelesaian keluhan/ komplain didokumentasikan oleh Bidang/ Bagian yang menangani keluhan tersebut.

Semua dokumen penyelesaian keluhan diarsipkan di Bagian Pengembangan

11.

Jumlah pelaksana

  1. Dokter Spesialis Patologi Klinik : 2
  2. Dokter Spesialis Patologi Anatomi : 1
  3. Analis Kesehatan : 20
  4. Administrasi : 2
  5. Cleaning Servic :1
  6. Diploma bank darah : 2

12.

Jaminan pelayanan

  1. Adanya SPM
  2. Adanya Kebijakan
  3. Adanya Panduan
  4. Adanya SPO
  5. Kepastian Persyaratan
  6. Kepastian Biaya
  7. SDM yang Kompeten di bidangnya
  8. Tersedianya sarana prasarana pendukung

 

 

No

Komponen

  •  

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Deklarasi Keselamatan Pasien

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui :
  1. Survai Indek Kepuasan Masyarakat
  2. Survai Kepuasan Kerja Karyawan
  3. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal
    1. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan

15.

Waktu Pelayanan

Setiap hari

6. Standar Pelayanan Rekam Medis

  •  
  •  

Persyaratan Pelayanan

Pendaftaran

Pasien umum:

  1. Kartu identitas berobat untuk pasien lama
  2. KTP/kartu identitas lain untuk pasien baru

Pasien Askes:

  1. Kartu  Identitas Berobat (untuk pasien lama)
  2. Kartu askes asli
  3. Surat Rujukan Asli

Pasien Jamkesmas

  1. Kartu Identitas Berobat ( untuk pasien lama)
  2. Kartu Jamkesmas asli
  3. Surat Rujukan Asli
  4. FC KTP
  5. FC KK

Pasien jamkesos:

  1. Kartu Identitas berobat (untuk pasien lama)
  2. Kartu jamkesos  asli
  3. Surat Rujukan Asli
  4. FC KTP
  5. FC KK

Pasien Jamkesda

  1. Kartu Identitas Berobat ( untuk pasien lama)
  2. Kartu Jamkesda  asli
  3. Surat Rujukan Asli
  4. FC KTP
  5. FC KK

 Surat Keterangan Medis(Visume Et Repertum) :

  1. Surat permohonan dari aparat kepolisian  kepada Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul
  2. Foto copy identitas pasien

Surat Keterangan Medis:

  1. Pasien/Keluarga pasien (keluarga inti) mengisi formulir permohonan surat keterangan diagnosa dengan dilengkapi fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga.
  2. Ahli Waris mengisi permohonan bermaterai dengan dilengkapi fotokopi KTP suami dan istri, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi akte kelahiran, fotokopi surat nikah, fotokopi surat kematian dari rumah sakit.
  3. Pihak Ketiga mengisi formulir surat permohonan dengan dilengkapi surat kuasa bermaterai dari pasien, fotokopi KTP pasien, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP pihak yang diberi kuasa.
  4.  

Kartu/Identitas pasien (dalam proses perbaikan)

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran pasien:

  1. Petugas memanggil pasien sesuai dengan nomor urut
  1. Petugas meminta Kartu Identitas Berobat(untuk pasien Lama) dan untuk pasien Baru dimohon menunjukkan KTP/kartu lainnya untuk pengisian identitas pasien di komputer.
  2.  Petugas memverifikasi jaminan :
  3. Kartu Askes Asli/Jamkesmas/ Jamkesos /Jamsostek
  4. Rujukan Askes asli
  5. Untuk untuk Jamkesmas dan Jamkesos dilengkapi dengan fotokopi KTP dan KK
  6. Syarat tidak lengkap petugas menyarankan pasien untuk melengkapi atau menyarankan untuk menjadi pasien umum
  7. Syarat lengkap Petugas Meng-Entri No RM, cara bayar, asal rujukan,  poli yang dituju, dan dokter yang diminta.
  8. Petugas memproses / print data yang sudah di Entri rangkap 3 ( Putih, Kuning, Pink )
  9. Petugas memberikan 1 lembar kertas warna putih kepada pasien  yang berisi tanggal periksa, poli yang dituju, nama dokter, Nomor antrian, jaminan, Nomor RM, Nomor register dan nama pasien. memasukkan 1 lembar kertas warna kuning ke Trecer,1 lembar warna pink untuk ditempelkan di berkas rekam medik.
  10. Petugas Mempersilahkan pasien menuju ke loket Askes untuk meminta Jaminan Askes /Jamkesmas

Untuk Pelayanan Visume Et Repertum:

Aparat kepolisian membawa surat permohonan kepada Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul dengan dilengkapi foto copy identitas pasien

Untuk Pelayanan surat keterangan medis lainnya :                                                         

  1. Pasien/Keluarga Pasien (keluarga inti) mengisi formulir permohonan surat keterangan diagnosa dengan dilengkapi fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga;
  2. Ahli Waris mengisi permohonan bermaterai dengan dilengkapi fotocopi KTP suami dan istri, foto copi Kartu Keluarga, foto copi surat nikah, foto kopi surat kematian dari rumah sakit;
  3. Pihak Ketiga mengisi formulir surat permohonan dengan dilengkapi surat kuasa bermaterai dari pasien, foto kopi KTP pasien, foto kopi KK, foto kopi KTP pihak yang diberi kuasa.
  4.  
  1. Dilakukan review  ulang kebenaran data Nama, tgl lahir dan alamat pasien sesuai KTP/KK/wawancara langsung ke pasien atau keluarga
  2. KIB dicetak dan diserahkan ke pasien

 

Jangka waktu penyelesaian

  1. Visume Et Repertum Luar       : 7-10 hari
  2. Surat Keterangan diagnosa /resume medis    : 5-7 hari
  3. KIB  : 1 menit
  4. Pendaftaran Pasien Baru         : 5 menit
  5. Pendaftaran Pasien Lama       : 3 menit
  6. Pendaftaran pasien rawat inap/admisi : 12,5 menit

 

Biaya/tarif

Mengacu pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul;
  2. Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2012 tentang Tarif Layanan Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

 

Produk pelayanan

  1. Visume Et Repertum luar untuk pasien.
  2. Surat Keterangan Diagnosa/resume medis
  3. KIB
  4. Kunjungan pasien baru
  5. Kunjungan pasien lama
  6. Laporan-laporan yang berkaitan dengan rekam medis.

 

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Keluhan atau komplain disampaikan melalui sarana yang disediakan oleh RSUD Panembahan Senopati Bantul, antara lain :

  1. Email : rsudps@bantulkab.go.id
  2. Surat yang bisa dipertanggungjawabkan
  3. Telephone di Nomor (0274) 367381/367386
  4. SMS Center Direktur, nomor 081328866866
  5. Aduan langsung