In House Training Indikator Mutu 2017

Rabu Legi, 26 April 2017 09:28 WIB ∼ 1521

RSUD Panembahan Senopati Bantul merupakan BLUD yang berorientasi pada pelayanan. Oleh sebab itu pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan harus senantiasa terjaga kualitasnya. Pelayanan yang berkualitas merupakan cerminan dari sebuah proses yang berkesinambungan dengan berorientasi pada hasil yang memuaskan. Pelayanan yang berkualitas sangat tergantung kepada mutu dari suatu rumah sakit. Rumah sakit harus mempunyai suatu ukuran yang menjamin peningkatan mutu dan keselamatan pasien di semua tingkatan. Rumah Sakit perlu memahamkan  indikator  mutu agar mampu mengukur mutu  proses pelayanan secara kontinyu berdasarkan indikator yang ditetapkan rumah sakit.

Oleh karena itu RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan In House Training Indikator Mutu yang dilaksanakan pada tanggal 18, 19, 20, dan 21 April 2017. Pelatihan ini bertempat di Aula B RSUD Panembahan senopati Bantul dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu :

  1. dr. Hartoko Budi riantoro, Sp.Ort. yang
  2. Rohayati Masitoh, S.Kep.MM
  3. Esthi Budhi Asih, S.Kep
  4. Kiki Rahmawati, SKM.

Sedangkan materi yang disampaikan antara lain :

  1. Konsep mutu dalam penyelenggaraan pelayanan di rumah sakit
  2. Pengertian indikator mutu dan profil indikator mutu di RSUD Panembahan Senopati
  3. Sistem pelaporan data dan tehnik analisis data mutu
  4. Upaya perbaikan mutu dengan menggunakan tehnik PDCA
  5. Penyusunan story board
  6. Pembuatan FMEA non klinis.
  7. Pengisian blanko Risk Management.

Peserta berasal dari RSUD Panembahan Senopati Bantul yang merupakan karyawan non medis,Adminitrasi, dan Staf Manajemen RSUD Panembahan Senopati Bantul yang berjumlah total 100 orang peserta yang dibagi menjadi 2 gelombang.

Diharapkan melalui In House Training ini para peserta mampu memahami indikator mutu pada setiap lini staf di RSUD Panembahan Senopati Bantul sehingga mampu menerapkannya untuk pengembangan mutu pelayanan rumah sakit.