RSUD Panembahan Senopati Berhasil Mempertahankan Peringkat Biru PROPER Tahun 2015 – 2016

Kamis Legi, 6 April 2017 08:57 WIB ∼ 1522

Foto Berita

         Berdasarkan evaluasi kinerja pengelolaan lingkungan PROPER tahun 2015 – 2016, RSUD Panembahan Senopati Bantul berhasil mendapat peringkat biru kembali. Ini menandakan bahwa RSUD Panembahan Senopati Bantul telah berhasil mempertahankan pengelolaan lingkungan dengan baik dan telah  memenuhi standar pengelolaan lingkungan yang ditetapkan.

            PROPER yang dilaksanakan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup ini merupakan program yang bertujuan untuk menilai  upaya penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan dalam mengendalikan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup serta pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun. (BLH, 2015).

            PROPER sendiri memiliki beberapa kriteria penilaian yang mana setiap hasil penilaian diberikan bendera sesuai hasil penilaiannya yaitu :

1. EMAS

Artinya penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan (environmental excellency) dalam proses produksi dan/atau jasa, melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. Dalam skala nasional peringkat emas baru didapatkan oleh BUMN PT PERTAMINA REWULU.

2. HIJAU

Artinya penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Recovery), dan melakukan upaya tanggung jawab sosial (CSR/Comdev) yang baik.

3. BIRU

Artinya penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai dengan ketentuan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. RSUD Panembahan Senopati Bantul telah berhasil mendapatkan peringkat ini bersama dengan beberapa Rumah Sakit yang berjumlah 7 dari 75 Rumah Sakit seluruh Indonesia yang ikut dalam penilaian PROPER.

4. MERAH

Artinya bahwa upaya pengelolaan lingkungan yang dilakukan belum sesuai dengan persyaratan sebagaiamana diatur dalam peraturan perundang-undangan dan dalam tahapan melaksanakan sanksi administrasi.

5. HITAM

Artinya penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan sengaja melakukan perbuatan dan atau melakukan kelalaian yang mengakibatan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan serta pelanggaran terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku atau tidak melaksanakan sanksi administrasi.

            Keberhasilan mempertahankan peringkat biru PROPER ini semoga semakin memotivasi RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk terus mempertahankan dan meningkatkan upaya – upaya sanitasi  yang akan berdampak positif bagi kesehatan dan keselamatan lingkungan.