Pelatihan Mutu Berbasis Instalasi Berdasarkan SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) Edisi 1

Senin Legi, 18 September 2017 13:44 WIB ∼ 2629

Foto Berita

Foto Bersama Narasumber dan Peserta Pelatihan. (Foto By Anggit)

         RSUD Panembahan Senopati Bantul sampai saat ini telah mempunyai 12 instalasi yang terdiri dari : Intalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Radiologi, Instalasi Farmasi, Instalasi Laboratorium, Instalasi Gizi, Instalasi Bedah Sentral, Instalasi Care Unit, Instalasi Rekam Medis, Instalasi PSRS, Instalasi Rehab Medik, dan Instalasi Gawat Darurat dengan aktivitas dan dinamika yang bervariasi di masing-masing instalasi.

          Peran instalasi sangat vital dalam penyelenggaraan pelayanan di Rumah Sakit. Instalasi membawahi dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan fungsional dan bersinggungan langsung dengan masyarakat. Keadaan riil yang ada di lapangan wajib dilaporkan dan diselesaikan di tingkat instalasi terlebih dahulu. Kepala instalasi berkewajiban memberikan laporan kepada Direktur mengenai apa yang telah direncanakan, dikerjakan dan dievaluasi.

        Hal yang sama juga berlaku terhadap tersedianya data-data yang berhubungan dengan mutu Rumah Sakit. Selain itu Akreditasi Rumah Sakit mengamanatkan bahwa data-data adalah berbasis unit kerja, sehingga tugas dari instalasi semakin bertambah kompleks, karena pengumpulan data yang dibutuhkan oleh RS pelaksananya adalah Instalasi.

         Peran Instalasi yang sangat penting dan tanggung jawab yang semakin kompleks tersebut menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia. Maka pada Hari Sabtu 16 September  2017, Bagian Pengembangan RSUD Panembahan Senopati Bantul melaksanakan Pelatihan Mutu Berbasis Instalasi Berdasarkan SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1).   

         Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Pandanaran Jl. Prawirotaman 38 Yogyakarta ini  menghadirkan dr. Nenny Sri Mulyani, Sp.A (K) sebagai narasumber. Beliau adalah Ketua Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien RSUP dr. Sardjito. Sedangkan peserta pelatihan berjumlah 60 peserta yang terdiri dari Jajaran Direksi, Kepala Instalasi, Kepala Bidang / Bagian, Komite Keperawatan, Komite Medis, dan Komite PMKP RSUD Panembahan Senopati.

        Berdasarkan penuturan dari ketua penyelenggara pelatihan ini Andriyandono, SE,MM, pelatihan ini bertujuan untuk :

  1. Mendukung program peningkatan mutu Rumah Sakit sesuai amanat Akreditasi Rumah Sakit;
  2. Memberikan penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi Instalasi RSUD Panembahan Senopati;
  3. Mengetahui pengorganisasian mutu di unit kerja; dan
  4. Dapat melakukan perbaikan mutu di unit kerja.

        Semoga melalui pelatihan ini dapat meningkatkan mutu di RSUD Panembahan Senopati khususnya dalam kinerja pelayanan yang berhubungan dengan Instalasi di RSUD Panembahan Senopati.