Penerimaan dan Orientasi Dokter Muda UMY Periode 55

Kamis Pahing, 14 September 2017 10:06 WIB ∼ 1661

Foto Berita

Orientasi Koas di RSUD Panembahan Senopati. Foto By : Anggit

          Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan Rumah Sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan profesi kedokteran, pendidikan kedokteran berkelanjutan, dan pendidikan tenaga kesehatan lainnya, dimana dalam penyelenggaraan rumah sakit pendidikan dapat dibentuk jejaring.

            RSUD Panembahan Senopati merupakan rumah sakit Tipe B pendidikan (Teaching Hospital) yang wajib menyelenggarakan pendidikan dan penelitian seperti yang tersebut dalam undang – undang. Salah satu wujud pelaksanaannya, RSUD Penembahan Senopati melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi koas/dokter muda dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang menyelenggarakan Program Studi Kedokteran bekerja sama dengan RSUD Panembahan Senopati.

            Pada tanggal 11-13 September 2017 dilaksanakan penerimaan dan orientasi koas/dokter muda periode 55. Acara bertempat di Aula B dengan peserta berjumlah 40 orang.

            Hari pertama (11/9) diisi dengan pengenalan profil RSUD Panembahan Senopati secara umum sekaligus pengarahan dari KOMKORDIK dan RSUD Panembahan Senopati mengenai tata tertib dalam kepaniteraan klinik.

            Sedangkan hari berikutnya dilaksanakan orientasi mengenai IGD, Stase Dalam, Stase Obsgyn, Stase Bedah, dan Stase Anak di RSUD Panembahan Senopati serta pemaparan materi mengenai PPI, APAR, RJP, Komunikasi Efektif dan pengenalan JKN / Asuransi Kesehatan serta PMKP.

            Semoga orientasi tersebut bermanfaat bagi para peserta sebagai awal dalam menempuh beberapa stase dalam pendidikan koas di RSUD Panembahan Senopati.