Optimalisasi Cakupan Data Registrasi Kanker di RSUDPS

Selasa Pahing, 26 Februari 2019 09:19 WIB ∼ 438

Selasa (26/02/19) Sub-Bagian Diklit Pengembangan RSUD Panembahan Senopati bersama dengan Tim Registrasi Kanker dari Pusat Data RSUP dr. Sardjito melaksanakan kegiatan pertemuan registrasi kanker di Aula B RSUD Panembahan Senopati.

Pertemuan yang dihadiri oleh Direksi RSUDPS bersama Tim Registrasi Kanker RSUDPS ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut permohonan rencana kolaborasi dan penguatan kapasitas kegiatan registrasi kanker yang telah dibicarakan dalam kunjungan Tim Registrasi Kanker RSUP dr. Sardjito / FK-KMK UGM (13/11/18) lalu. Dimana telah disepakati akan dilakukan pendampingan kegiatan registrasi kanker di RSUD Panembahan Senopati Bantul bersamaan dengan dilaksanakannya penelitian dan registrasi data pasien kanker paru. 

Rencananya, pendampingan kegiatan registrasi kanker akan dilaksanakan oleh Tim Registrasi Kanker dari Pusat Data RSUP dr. Sardjito yang diketuai oleh dr. Sussana Hilda Hutajulu, PhD, SpPD-KHOM dan menjadi bagian dari kegiatan registrasi kanker berbasis populasi (RKBP) Daerah Istimewa Yogyakarta.

dr. Hutajulu mengatakan bahwa penelitian khusus registrasi kanker paru tidak hanya dilaksanakan di RSUD Panembahan Senopati saja, namun dilaksanakan di beberapa rumah sakit pelaksana RKBP di Daerah Istimewa Yogyakarta seperti RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dan RS Panti Rapih Yogyakarta.

"Harapan kami, kegiatan pendampingan registrasi kanker dan penelitian registrasi kanker paru ini dapat mendorong optimalisasi pengumpulan data di RSUD Panembahan Senopati dan meningkatkan cakupan data registrasi kanker berbasis populasi di Daerah Istimewa Yogyakarta.", kata dr. Hutajulu.