World Patient Safety Day 2020 di RSUDPS

Senin Kliwon, 21 September 2020 08:58 WIB ∼ 258

Foto Berita

(17/09) RSUD Panembahan Senopati Bantul turut serta berpartisipasi dalam WHO World Patient Safety Day (WPSD) 2020. Tema kegiatan ini merujuk dari WHO, yaitu Health Workers Safety: A Priority for patient Safety (Keselamatan Petugas Kesehatan : Prioritas untuk Keselamatan Pasien), dengan Slogan Safe health workers, Safe patients (Petugas kesehatan aman, pasien aman).

Humas RSUDPS Siti Rahyuningsih,SH.,M.Hum menyebutkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kampanye ini. Antara lain:

  • Ronde besar keselamatan pasien. Yaitu acara ronde besar keselamatan pasien melibatkan seluruh manajemen RS yang disertai oleh personil Komite Mutu dan Keselamatan Pasien untuk memantau kegiatan di unit2 dan instalasi yang berhubungan dengan keselamatan pasien. Acara ronde disertai dengan pemberian bingkisan untuk tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan sebagai wujud kepedulian RS terhadap petugas kesehatan agar selalu aman dan sehat.
  • Webinar Motivational session : Nakes Pahlawanku “Tenang dan Menang dalam Guncangan Covid19” Bersama ESQ.
  • Survei keselamatan petugas kesehatan untuk mengetahui sejauh mana perlindungan terhadap tenaga kesehatan di RS menurut persepsi staf. Survei ini merupakan salah satu implementasi call for action WPSD 2020: Speak Up for Health Worker Safety.

Dengan adanya rangkaian WPSD 2020 ini diharapkan petugas kesehatan dapat lebih terlindungi dan aman, khususnya menyikapi semakin banyaknya kasus petugas kesehatan yang terpapar Covid19. Petugas kesehatan yang aman akan dapat menjaga keselamatan pasien.