Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 Oktober. Tujuan dari peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah untuk mengkampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat agar semua tahu manfaat nyata "Cuci Tangan Pakai Sabun" secara rutin. 
Tahun 2023 diperingati dengan Tema : “Tangan bersih berada dalam jangkauan (clean hands within reach).” Tema tahun ini menyoroti kemajuan yang telah dicapai dalam komitmen dan tindakan kebersihan tangan dalam beberapa tahun terakhir terutama setelah Pandemi COVID-19, namun juga sekaligus menyerukan/mengkampanyekan upaya yang lebih terpadu untuk memastikan target kebersihan tangan terpenuhi. Ketika semua orang bersatu untuk meningkatkan kebersihan tangan, tangan yang bersih akan mudah dijangkau.
Menurut WHO (2009) cuci tangan adalah suatu prosedur/ tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir (untuk kondisi tangan yang terlihat kotor)  atau hand rub/hand sanitizer dengan antiseptik (berbasis alkohol) untuk tangan tidak terlihat kotor.

Berikut 6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO : 
1.        Basahi tangan, tuangkan sabun cair 3-5 ml kemudian ratakan sabun dengan menggosokkan pada kedua telapak tangan.
2.        Gosok punggung tangan dan sela-sela jari pada kedua tangan.
3.        Gosok kedua telapak dan sela-sela jari kedua tangan.
4.        Gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci.
5.        Gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan, dan sebaliknya.
6.        Usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri dan sebaliknya. Kemudian bilas tangan dibawah air mengalir sampai bersih.
(Setiap langkah cuci tangan dilakukan 4 kali hitungan)

Kapan waktu penting Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yaitu pada saat :
1.        Sebelum dan setelah makan/minum
2.        Setelah BAB/BAK
3.        Sebelum menjamah makanan/bahan makanan
4.        Sebelum menyusui
5.        Setelah beraktifitas

Yuk, mulai sadar akan pentingnya melindungi diri sendiri dan orang terdekatmu dengan cara membiasakan cuci tangan menggunakan sabun dengan 6 langkah mencuci tangan.