Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional

Bertepatan pada tanggal 12 September 2023, diperingati Hari kesehatan Gigi dan Mulut Nasional mengangkat tema “Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat”. Rongga mulut merupakan gerbang utama dalam pencernaan makanan. Sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi akan menjadi tempat berkembang biak bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu sisa makanan juga dapat membentuk plak yang dapat mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi dapat dibersihkan dengan scaling ke dokter gigi.

Tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut 

  • Menyikat gigi 2x sehari, setelah makan dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi berfluoride
  • Menyikat permukaan lidah
  • Mengonsumsi air putih yang cukup
  • Mengonsumsi buah dan sayur berserat
  • Kurangi makanan manis dan lengket
  • Rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

 

Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga mulai dari tahap perkembangan janin sampai dewasa. Hargai dan Jagalah Rongga Mulut Kita, jika mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut, segerakan berkonsultasi dengan dokter gigi RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

Poliklinik Gigi RSUD Panembahan Senopati Bantul
 

Poliklinik Gigi merupakan salah satu jenis layanan di RSUD Panembahan Senopati Bantul yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut mulai dari pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan medis. Poliklinik Gigi RSUD Panembahan Senopati Bantul menyediakan pelayanan yang lengkap, untuk pasien anak maupun dewasa, baik perawatan gigi umum maupun spesialistik yang dilakukan oleh dokter gigi profesional di bidangnya dan ditunjang peralatan yang modern.

 

Apa saja  jenis pelayanan Poliklinik Gigi RSUD Panembahan Senopati Bantul ?

 

Nama Dokter

Jenis pelayanan

Jadwal Pelayanan

drg. Driana P. W., Sp.BM

(Spesialis Bedah Mulut Dan  Dan Maksilofasial)

Tindakan Pembedahan untuk memperbaiki gigi, mulut rahang akibat infeksi, tumor, atau trauma gangguan tumbuh dan  mengembalikan fungsi pengunyah dan estetik.

Senin-Sabtu, mulai jam 09.00-Selesai

drg. Ireka DK, Sp.Orth 

(Spesialis Ortodonsi)

Menentukan diagnosis, pencegahan dan perawatan pada maloklusi (kelainan susunan gigi) menggunakan alat ortodontik; seperti kawat gigi, aligner, dan alat pendukung lainnya. 

Senin-Sabtu, mulai jam 09.00-Selesai

drg. Erlinawati, Sp.KG

(Spesialis Konservasi Gigi)

Penambalan dan perawatan gigi berlubang, penambalan sewarna gigi, perawatan  gigi berlubang mencapai saraf, perawatan gigi patah, veneer, pemutihan gigi (bleaching), serta bedah endodontik.

Senin-Jumat, mulai jam 09.00-Selesai

 

drg. Pita Adinegara, Sp.KG

(Spesialis Konservasi Gigi)

Senin-Jumat jam 15.00, Sabtu Jam 09.00- Selesai

drg. Ari Sigit N., Sp.Prost

(Spesialis Prostodonsia)

Penggantian gigi yang hilang dengan gigi tiruan lepasan maupun permanen, (gigi tiruan cekat), mahkota gigi, veneer, tanam gigi/implant dan perbaikan gangguan sendi rahang. 

Senin-Sabtu, mulai jam 09.00-Selesai

drg. Yudhanto Krisna Adhi

(Dokter Gigi Umum)

Pemeriksaan perkembangan dan pertumbuhan gigi dan gusi serta mendiagnosis masalah gigi dan mulut.

Senin-Rabu Jam 09.00, Kamis-Jumat Jam 15.00 - Selesai

drg. Kristika Maharani

(Dokter Gigi Umum)

Senin-Rabu Jam 15.00, Kamis-Sabtu Jam 09.00-Selesai.

 

Menurut World Health Organization (WHO) (2018), menyatakan kesehatan gigi dan mulut adalah indikator utama kesehatan secara keseluruhan, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Oleh karena itu, menjaga dan merawat kesehatan gigi dan rongga mulut sangatlah penting.   Untuk itu jika anda mengalami permasalah kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk melakukan pemeriksaan dan diagnosis yang tepat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dari dokter secara tepat.  Pelayanan polikinik gigi dapat menggunakan jaminan BPJS Kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Terima Kasih.

link pendaftaran online https://rsudps.bantulkab.go.id/hal/pelayanan-pendaftaran-online#!