Hari Penglihatan seDunia

Setiap Tanggal 9 Oktober diperingati Hari Penglihatan Sedunia, di tahun 2023 mengangkat tema “Love Your Eyes At Work”. Mata Merupakan salah satu aset penting, karena itu menjaganya menjadi sebuah kewajiban harus dilakukan untuk menghindarkan dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan dan mengganggu kesehatan mata. Berikut tips menjaga kesehatan mata:
 1. Hindari paparan langsung sinar matahari atau kemasukan benda asing dengan menggunakan pelindung atau kacamata saat berada di luar ruangan maupun saat berkendara. 2. Setelah 20 menit menatap layar gawai atau gadget secara langsung, palingkan mata selama 20 detik dengan melihat objek sejauh 20 meter 
3. Menjaga kebersihan mata serta tidak menggosok mata.
4. Jaga Kelembaban Mata: Gunakan tetes mata atau air mata buatan jika Anda merasa mata Anda kering, terutama jika Anda sering bekerja di depan komputer atau di lingkungan       yang ber-AC.

5. Penggunaan Komputer yang Benar: Atur tinggi layar komputer sehingga berada pada tingkat mata Anda, gunakan pencahayaan yang cukup, dan pastikan Anda mengatur jarak       yang nyaman antara mata dan layar.
6. Nutrisi yang Seimbang: Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral seperti zinc, selenium, dan lutein. Makanan seperti wortel, bayam, tomat, telur, ikan salmon,     dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga kesehatan mata.
Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, jika mengalami gangguan kesehatan mata, segerakan berkonsultasi dengan dokter mata RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Untuk jadwal Bisa di cek https://rsudps.bantulkab.go.id/hal/pelayanan-jadwal-dokter