MEMBANGGAKAN !!!!!! 2 Nakes RSPS Ke Istana Negara menghadiri Penganugerahan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan

Tenaga KesehatanTeladan (Nakesdan)  merupakan agenda tahunan yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia untuk memberi penghargaan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas, Rumah Sakit Milik Pemerintah Daerah, dan Rumah Sakit Vertikal milik Kemenkes.

Sangat membanggakan, 2 (dua) Tenaga Kesehatan RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul mendapatkan undangan ke Istana untuk menghadiri acara Penganugerahan Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan tahun 2023.

berikut 2 (dua)Tenaga Kesehatan yang dimaksud: 

1. dr. Hanum Enggar Pradini (dengan Inovasi SiTESSI)

SiTESSI merupakan singkatan dari Sistem Troli Emergensi Obstetri Terintegrasi (SiTESSI). Sistem ini dibangun melalui 3 integrasi. Sistem integrasi dalam implementasi SiTESSI ini adalah kunci penting yang menghubungkan antara petugas IGD dan farmasi IGD sebagai bentuk komunikasi dan kontrol pemeliharaan dari SiTESSI. Tiga poin penting integrasi dalam SiTESSI adalah:

  1. TESSI (Troli Emergensi Obstetri Terintegrasi) yaitu troli emergensi yang sudah disusun berdasarkan analisis observasional yang telah dilakukan menghasilkan kasus maternal prioritas yang membutuhkan penanganan segera.
  2. MAS TESSI (Mobile Application Service TESSIadalah Aplikasi yang dibuat sebagai bagian dari metode komunikasi antara petugas IGD dengan Farmasi IGD untuk menjamin pemeliharaan SiTESSI. MAS TESSI dapat di-install dan diisi oleh petugas IGD melalui komputer, tablet PONEK, dan HP masing-masing petugas. Keunggulan dari aplikasi ini adalah pengisiannya dapat dilakukan secara offline yang nantinya akan ter-update secara otomatis ketika terhubung dengan jaringan internet. Setelah petugas IGD mengisi MAS TESSI, maka petugas farmasi akan menerima output dalam bentuk sheets sehingga akan mempermudah dalam pencatatan dan pelaporan. Penerapan sistem kontrol pemakaian obat menggunakan aplikasi ini juga termasuk dalam upaya mendukung paperless system yang sudah mulai diterapkan dalam pelayanan di IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul.
  3. QR code intergated yang tertempel di troli adalah sebagai upaya untuk bisa memfasilitasi semua petugas yang berperan terhadap isi troli. QR code yang ter-scan akan menghubungkan pada dokumen sheets yang bisa dibuka oleh petugas sehingga dapat memeriksa bersama sewaktu-waktu.

2.  Alwan Bashori,Ftr  (dengan Inovasi Sentil Petrok)

Sentil Petrok (Sensasi Taktil pada Penderita Stroke)

Sentil Petrok adalah pemberian sensasitaktil (bersifat sentuhan) berupa tekanan dengan jari pada tendon. 

Ransangan taktil yang diulang-ulang akan memberikan informasi ke mekanisme supraspinal sehingga terjadi pola gerak yang terintegrasi dan menjadi gerakan-gerakan pola fungsional. mobilisasi dan rangsangan taktil secara bersamaan merupakan intervensi terapi yang tepat dan efektif, berpotensi untuk memulai proses pengaktivasian otot pada stroke dengan memberikan informasi proprioseptif dan somatosensoris yang signifikan pada otak, serta memfasilitasi langsung aktivasi korteks motorik primer dan sistem kortikospinal untuk meningkatkan aktivasi motorik. Pemberian stimulasi sensorik di daerah tersebut diharapkan bisa memunculkan timbulnya kontraksi otot-otot kaki sebagai modal kaki melangkah saat berjalan.