Monitoring dan Evaluasi Layanan KJSU-KIA di RSUD Panembahan Senopati Bantul Oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI

Dalam menjawab tantangan masalah kesehatan di Indonesia, pada 2021 Kementerian Kesehatan menyusun strategi dan arah kebijakan bidang kesehatan yang adaptif dan responsif melalui Transformasi Sistem Kesehatan, yang terdiri dari 6 pilar. Salah satu pilarnya adalah Transformasi Layanan Rujukan, yaitu perbaikan mekanisme rujukan dan peningkatan akses dan mutu layanan rumah sakit dan layanan penyakit prioritas nasional. Perbaikan tersebut diwujudkan dengan pengembangan kemampuan layanan melalui pemenuhan ketersediaan alat kesehatan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana penunjang layanan prioritas. Peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dilakukan melalui program pengampuan 10 (sepuluh) layanan prioritas meliputi Kanker, Jantung, Stroke, Uro-Nefrologi, KIA, Diabetes Melitus, Penyakit Infeksi Emerging, Tuberculosis, Gastroenterologi serta Kesehatan Jiwa.

Dengan adanya program pengampuan ini diharapkan dapat menciptakan aksesibilitas layanan rujukan yang berkualitas dengan meningkatkan kemampuan RS yang berada dalam ampuan, serta dukungan pemenuhan kebutuhan SDM. Ruang lingkup jejaring pengampuan adalah rumah sakit provinsi dan rumah sakit kabupaten/kota. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengampuan ini, masyarakat tidak perlu jauh dirujuk, tapi bisa dilayani di RS yang telah mendapatkan program pengampuan layanan.

RSUD Panembahan Senopati Bantul merupakan salah satu rumah sakit daerah yang ditunjuk menjadi  pengampu program layanan prioritas Kementerian Kesehatan diatas. 

Terkait dengan hal itu pada hari Sabtu tanggal 27 April 2024 dilakukan Monitoring dan Evaluasi Layanan KJSU-KIA di RSUD Panembahan Senopati Bantul oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI drg. Yuli Asuti Saripawan, M.Kes. Monitoring dan evaluasi diawali dengan sambutan Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul dr. Atthobari, MPH., Sp.MK kemudian dilanjutkan Paparan Progres Layanan Prioritas KJSU-KIA di RSUD Panembahan Senopati Bantul oleh dr. Budi Nurohmah, MH selaku Kepala Bidang pelayanan Medik. Drg. Yuli Asuti Saripawan, M.Kes menekankan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka transformasi kesehatan melesat menuju Indonesia Emas, untuk itu Kementerian kesehatan akan membantu rumah sakit berupa alat-alat kesehatan sedangkan rumah sakit diminta menyediakan sarana prasarana dan Sumber Daya Manusianya, monitoring dan evaluasi diakhiri kunjungan ke Ruang Cathlab RSUD Panembahan Senopati Bantul.