PAYON KASIH (Pelayanan Online Kantin Selasih)

PELAYANAN ONLINE KANTIN SELASIH (PAYON KASIH)

Oleh : Pramesti Retno Hapsari

Penyakit degeneratif merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu (Budiman, 2022). Di Indonesia tren penyakit degeneratif menunjukkan peningkatan  (Riskesdas, 2018). Kasus penyakit degeneratif masih ditemukan di masyarakat termasuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang termasuk kategori penyakit degeneratif antara lain penyakit Jantung, Hipertensi, Stroke, Diabetes Mellitus dan Kanker. Penyakit degeneratif disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit degeneratif tidak dapat disembuhkan  dan hanya dapat dikelola untuk meringankan dan memperbaiki gejala serta meningkatkan derajat kesehatan penderita. Salah satu cara untuk mengelola penyakit degeneratif adalah dengan menjalankan diet sesuai penyakit yang diderita. 

Kepatuhan penderita terhadap diet merupakan salah satu faktor penting dalam usaha mengelola  penyakit degeneratif. Kepatuhan pasien terhadap diet seharusnya selalu dijaga karena kepatuhan pasien terhadap diet memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Terpeliharanya kesehatan dengan baik akan meningkatkan produktivitas sehingga kualitas hidup akan menjadi lebih baik (Purwandari, 2017). Namun dalam kenyataannya beberapa penderita tidak patuh terhadap diet yang dianjurkan. Ketidakpatuhan ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena keluarga yang merawat tidak dapat menyediakan diet terkait keterbatasan waktu, tenaga dan pengetahuan terkait diet. 

Kegiatan penyelenggaraan makanan di Instalasi Gizi rumah sakit biasanya hanya melayani pasien rawat inap saja. Namun  Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul mulai bertransformasi dalam hal pelayanan yaitu dengan membuka pelayanan penyelenggaraan makanan selain untuk pasien rawat inap. Pelayanan Online Kantin Selasih (Payon Kasih) merupakan salah satu pelayanan Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul yang melayani pemesanan menu secara online. Pelayanan Online Kantin Selasih dibuka sejak bulan Juni 2020. Selasih merupakan singkatan dari kata sehat, lezat, sinaji dan higienis.  Payon Kasih melayani menu harian, menu diet dan menu khusus sepeti rapat dan ulang tahun yang ditujukan bagi penunggu pasien rawat inap, pasien rawat jalan, karyawan maupun masyarakat luas. Asupan energi bagi karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan karena kondisi lapar dan kelelahan dapat menganggu produktivitas kerja baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang (Ramadhanti, 2020). Hal ini sejalan dengan penelitian Stitaprajna (2020) yang menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara asupan energi dengan produktivitas kerja karyawan. 

Menu diet yang ditawarkan  Payon Kasih tidak hanya terbatas pada menu diet dengan penyakit tertentu namun juga melayani menu diet gizi seimbang. Khusus pemesanan menu diet, pelanggan akan diminta mengisi link asesmen gizi secara online meliputi identitas, tinggi badan, berat badan, tekanan darah, diagnosa penyakit, hasil pemeriksaan laboratorium, riwayat penyakit dan riwayat makan untuk menentukan jenis diet dan kebutuhan gizi per individu.

Pemesanan menu dilakukan secara online dengan menghubungi nomor 085640060005 (telepon/whatsapp) atau menghubungi nomor (0274) 367381/367386 extension 113 (Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul). Pemesanan dilayani pukul 08.00 – 12.00 WIB (hari Jumat pukul 08.00 – 11.00 WIB) dan pukul 14.00-16.00 WIB. Hari Minggu, bulan puasa/bulan Ramadhan dan tanggal merah pelayanan tutup. Pemesanan menu diet dilakukan minimal satu hari sebelum pengiriman menu. 

Menu yang dipesan untuk  area RSUD Panembahan Senopati Bantul akan diantar oleh petugas khusus kepada pelanggan. Sedangkan untuk area di luar RSUD Panembahan Senopati  Bantul  dapat menggunakan jasa driver  rumah sakit (wilayah Bantul kota tidak dikenakan biaya pengantaran), menggunakan jasa Go-Send, maupun diambil langsung di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai sesuai nota pada petugas pengantar maupun  non tunai (transfer) melalui rekening bank BRI  atas nama RSUD Panembahan Senopati. Khusus pembayaran melalui transfer pelanggan diwajibkan mengirimkan bukti transfer ke nomor Kantin Selasih. Dengan dibukanya Pelayanan Online Kantin Selasih (Payon Kasih) diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh menu diet serta mempermudah penunggu pasien maupun karyawan dalam mendapatkan makanan yang sehat, lezat, siap santap dan higienis di area rumah sakit. 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Stitaprajna, A., Aslam, M. (2020). Internet. Hubungan Status Gizi dan Asupan Energi dengan Produktivitas Kerja pada Pekerja PT. Propack Kreasi Mandiri Cikarang. Jurnal : Nutrisia vol. 22, No. 2, September 2020. http://www.nutrisiajournal.com. Diakses pada 7 Maret 2023.

Ramadhanti, A.A. (2020). Internet. Status Gizi dan Kelelahan Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sari Husada vol. 11, No. 1, Juni 2020. https://akper_sandikarsa.e_journal, id/JIKSH. Diakses pada 7 Maret 2023.

Purwandari (2017). Internet. Hubungan Kepatuhan Diet dengan Kualitas Hidup pada Penderita DM di Poli Penyakit Dalam RSUD Kertosono. Jurnal Ilmiah Kesehatan vol. 6 No. 2, Desember 2017. http://Jurnal.Strada.ac.id/sijk 16. Diakses pada 7 Maret 2023.

Riset Kesehatan Dasar (2018). Internet. https://kesmas.kemkes.go.id. Diakses 15 Maret 2023.

Budiman (2022). Internet. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Penyakit Degeneratif. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. https://yankes.kemkes.go,id. Diakses pada 19 Maret 2023.