PEMIKAT adalah program pengembangan manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan terpadu yang meliputi kegiatan inventarisasi, pemeliharaan, pengujian, dan kalibrasi alat kesehatan. PEMIKAT diinisiasi oleh SITI RAHAYUNINGSIH,SH.,M.Hum Kepala Bidang Penunjang Medik. PEMIKAT merupakan aksi perubahan yang dilatarbelakangi oleh ketidaksinkronan dan ketidakpaduan data dalam kegiatan pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan sehingga mengakibatkan belum optimalnya manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, maka “PEMIKAT” hadir sebagai Solusi, yang meliputi pembentukan tim, koordinasi dengan stakeholders baik internal maupun eksternal, penyusunan SPO/Pedoman PEMIKAT, Penetapan Keputusan Direktur tentang PEMIKAT, Perancangan/Pengembangan Aplikasi PEMIKAT, Bimbingan Teknis PEMIKAT bagi instalasi/unit pengampu maupun pengguna alat Kesehatan.
PEMIKAT dirancang dan dilaksanakan dengan 3 (tiga) tahapan. Tahap jangka pendek 1 Agustus sampai dengan 28 September 2024 dilaksanakan pada 2 (dua) unit pengampu yaitu Unit Peralatan Kesehatan dan Unit Aset serta 7 (tujuh) instalasi/unit pengguna alat kesehatan. Tahap jangka menengah untuk 6 (enam) bulan berikutnya pada 10 (sepuluh) instalasi/unit pengguna alat kesehatan. Tahap jangka Panjang untuk 12 (duabelas) bulan berikutnya pada 12 (duabelas) instalasi/unit pengguna alat Kesehatan serta pengembangan dan integrasi aplikasi PEMIKAT dengan sistem informasi manajemen lainnya.
PEMIKAT dilaunching oleh Bupati Bantul tanggal 3 September 2024 di Ballroom Hotel Grand Rohan Yogyakarta serta disosialisasikan kepada Bidang, Bagian, Instalasi/Unit tanggal 4 September 2024 di Aula Indraprastha RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul.
PEMIKAT diharapkan terus menerus dilaksanakan secara berkelanjutan dan terintegrasi, bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan dan integrasi sistem manajemen pemeliharaan dan kalibrasi alat kesehatan, bermanfaat untuk Early Warning System (EWS) penggunaan alat kesehatan, serta efisiensi dan efektifitas penggunaan alat kesehatan dalam pelayanan kesehatan. Pada akhirnya untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja, mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien di RSUD Panembahan Senopati Kabupaten Bantul.